Memahami Sistem Seleksi UTBK – SBMPTN 2020, Wajib Baca Agar Lulus!

 Lailla | Rab, 20 Mei 2020

Memahami Sistem Seleksi UTBK – SBMPTN 2020, Wajib Baca Agar Lulus! – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Tes sebagai syarat wajib jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri hampir tiba. UTBK tahun 2020 ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Ditambah lagi, karena adanya Pandemi Covid-19, pelaksanaan UTBK mengalami perubahan jadwal.

Sistem Seleksi UTBK – SBMPTN 2020

pixabay.com

Ingin lulus UTBK – SBMPTN 2020?. Ibarat akan berperang, kamu harus tahu medan dan musuh yang akan kamu hadapi terlebih dahulu. Begitu pula ketika kamu akan mengikuti SBMPTN, kamu harus memahami sistem seleksi UTBK. Ujian UTBK pada SBMPTN sangatlah penting, bahkan menjadi penentu agar pendaftar bisa diterima di kampus tujuan. Semakin tinggi nilai UTBK yang didapatkan, akan semakin tinggi pula peluang kuliah di program studi yang diinginkan.

Informasi Tentang UTBK

Bagi kamu yang belum akrab dengan istilah UTBK, ada informasi penting yang perlu kamu ketahui. UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Sesuai dengan namanya, pelaksanaan UTBK menggunakan komputer dan tidak menggunakan kertas. Sistem SBMPTN 2020 ini sangat erat kaitannya dengan UTBK. Hasil UTBK yang sudah didapatkan peserta itulah yang akan diseleksi kelayakannya.

Tata Cara Pelaksanaan UTBK 2020

Pelaksanaan UTBK 2020 telah mengalami perubahan akibat Pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Jadwal tes UTBK 2020 dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2020, tepatnya tanggal 5 – 12 Juli. Setiap harinya dibuka empat sesi yang bisa dipilih oleh pendaftar. Hanya pada hari Jumat saja sesi yang dibuka berkurang menjadi dua.

Sebelum kamu bisa mengikuti UTBK 2020, terlebih dahulu kamu harus melakukan pendaftaran UTBK – SBMPTN 2020 tanggal 2 – 20 Juni 2020. Jangan lupa untuk memastikan bahwa akun LTMPT yang kamu miliki sudah terdaftar. Hasil UTBK – SBMPTN 2020 akan diumumkan pada 25 Juli 2020 di website resmi maupun laman mirror kampus-kampus di Indonesia.

Sistem Penilaian UTBK 2020

Penilaian UTBK tahun 2020 tidak sama dengan UTBK tahun-tahun sebelumnya. Misalnya saja, pada tahun 2017, jawaban benar akan diberi poin 4, jawaban salah diberi poin minus 1, sedangkan jawaban kosong bernilai 0. Selanjutnya, ada aturan bahwa peserta UTBK wajib menjawab soal-soal tanpa terkecuali. Jawaban salah ataupun jawaban kosong akan dinilai 0 dan tidak ada nilai minus.

Sistem penilaian skor UTBK 2020 memang saat ini belum dikeluarkan secara resmi. Tapi, pada sistem UTBK 2020, skor yang dihitung hanyalah yang benar. Tingkatan soal yang diujikan pun bervariasi, mulai dari soal dengan tingkat mudah, soal tingkat sedang, dan soal dengan tingkat sulit. Tentunya pada setiap tingkatan soal terdapat poin yang berbeda pula. Sistem penilaian tersebut sudah diterapkan di beberapa negara, seperti Eropa dan Amerika Serikat. Setiap soal pun sudah diperiksa tim yang ahli dalam hal pengukuran, penilaian, serta pengujian suatu tes.

Apabila sistem penilaian skor UTBK 2020 berdasarkan tingkat kesulitan soal diterapkan, peserta ujian akan memiliki nilai yang semakin bervariasi. Misalnya saja soal yang dijawab peserta pertama 90, sedangkan peserta kedua 80. Meskipun demikian, peserta kedua mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan peserta pertama yang menjawab lebih banyak.

Saat ini ada banyak hoaks tentang penilaian skor UTBK 2020. Belum ada informasi resmi dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terkait sistem penilaian. Jadi, tetaplah update dengan informasi resmi melalui website resmi LTMPT atau media sosial twitter @ltmptofficial.

Sistem Seleksi UTBK 2020

Seleksi UTBK untuk menjaring mahasiswa baru di Perguruan Tinggi dilakukan dengan memberikan soal berjenis Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes tersebut berfungsi untuk mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa baru. Kemampuan kognitif meliputi kemampuan penalaran dan pemahaman umum.

Diharapkan mahasiswa baru yang terjaring memiliki peluang berhasil menyelesaikan studi di pendidikan formal, seperti Perguruan Tinggi. Nantinya, akan ada berbagai macam soal tentang kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta soal yang menguji kemampuan pemahaman bacaan dan menulis.

Sebenarnya kamu bisa memprediksi kelulusan melalui simulasi skor UTBK 2020. Semakin tinggi skor yang kamu dapatkan, peluang diterima di kampus tujuan akan semakin terbuka lebar. Sudah terdapat cara simulasi kelulusan UTBK 2020 dengan melihat keketatan suatu jurusan dan kuota jurusan.

Jumlah Soal UTBK 2020

Berapa jumlah soal yang diujikan saat UTBK 2020?

Pertanyaan ini sering sekali muncul dan ditanyakan para peserta UTBK 2020. Sangat penting mengetahui jumlah soal yang diujikan ketika UTBK 2020. Dengan mengetahui jumlah soal ujian, peserta akan lebih mudah melakukan estimasi waktu pengerjaan soal. Berdasarkan referensi waktu pengerjaan soal UTBK tahun 2019, durasi pengerjaan setiap soal adalah sebagai berikut:

No Jenis Tes Jumlah Soal Waktu Pengerjaan
1 Tes penalaran umum 2 bacaan (14 soal), 6 soal penalaran kuantitatif 35 menit
2 Tes pemahaman bacaan dan menulis 3 bacaan (20 soal) 25 menit
3 Tes pengetahuan dan pemahaman umum 3 bacaan berbahasa Indonesia (12 soal) + 2 bacaan berbahasa Inggris (8 soal) 25 menit
4 Tes pengetahuan kuantitatif 20 soal 35 menit

Jika ditotal, terdapat 80 soal yang perlu diselesaikan dalam waktu 120 menit (2 jam). Manajemen waktu yang baik sangat diperlukan agar pengerjaan soal UTBK semakin cepat dan tentunya tepat.

Persiapan Menghadapi UTBK 2020

Lakukan persiapan matang sebelum pelaksnaan UTBK dan jadwal ujianmu berlangsung. Jika persiapanmu asal-asalan, besar kemungkinan skormu tidak akan sesuai harapan. Akibatnya, pesaingmu dari berbagai wilayah di Indonesia dapat mengalahkanmu, bahkan bisa diterima di program studi kampus yang kamu inginkan. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan menjelang UTBK 2020.

1. Tubuh yang Sehat dan Bugar

Jagalah kesehatan tubuh di tengah Pandemi Covid-19 dengan berolahraga ringan setelah belajar. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan makanan sehat. Sebaiknya kamu juga menghindari junk food atau makanan cepat saji agar tetap bugar.

Konsumsi vitamin secara rutin juga dapat meningkatkan imunitasmu, sehingga kamu akan fit selama ujian berlangsung. Belajarlah dari pengalaman orang-orang yang meskipun sudah belajar keras, tetapi justru sakit ketika hari ujian karena kurang menjaga kesehatan tubuh. Bagaimanapun juga, tubuh yang sehat akan mendukungmu ketika pelaksanaan ujian.

2. Mood yang Bagus

Perlu kamu perhatikan juga bahwa mood juga berperan penting untuk mendukung kelancaran ujian UTBK 2020. Jangan sampai kamu bertengkar dengan sahabat, orang tua, maupun orang terdekat. Jika hal itu terjadi, konsentrasi ketika ujian akan menjadi buyar dan belajar yang kamu lakukan pun jadi kurang maksimal.

Cobalah untuk memberitahukan orang yang sering berinteraksi dengan kamu bahwa kamu membutuhkan waktu untuk belajar. Tidak ada salahnya pula kamu meminta dukungan dan doa orang terdekat agar diberi kelancaran menghadapi UTBK.

3. Persiapan Materi yang Matang

Perbanyak latihan soal UTBK 2019 atau soal TPS yang akan diujikan ketika hari H. Semakin terbiasa kamu mengerjakan soal dengan tipe yang sama, akan semakin meningkat pula kecepatanmu. Ketika UTBK 2020 nanti, tidak hanya dibutuhkan kecerdasan dalam menyelesaikan soal, tetapi juga kecepatan mengerjakan.

Latih dirimu dengan mengerjakan soal-soal TPS mudah, kemudian menghitung kecepatan mengerjakannya. Tingkatkan latihan dengan mengerjakan soal TPS UTBK yang lebih sulit. Tanyakan cara mengerjakan soal yang belum kamu kuasai, sehingga kamu mengetahui trik sekaligus solusi menjawab soal tersebut.

Semoga informasi untuk memahami sistem seleksi UTBK – SBMPTN 2020 bisa membantumu dalam mempersiapkan diri. Banyaklah berlatih soal UTBK dan berdoa agar dilancarkan ketika mengerjakan soal-soal ujian TPS UTBK. Selama masa Pandemi Covid-19 dan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), aktivitas belajar akan mengalami banyak penyesuaian. Tapi, jangan sampai kondisi yang tidak kondusif ini membuat semangatmu memudar untuk belajar.

Persiapan Menjelang UTBK 2020

Apabila kamu sudah melakukan pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020, periksa kembali lokasi ujian UTBK yang dipilih. Karena setiap peserta hanya dapat mengikuti ujian satu kali saja, sangat penting untuk memastikan bahwa kamu sudah memilih lokasi yang paling dekat dan mudah diakses. Tidak perlu khawatir terlambat berangkat ke lokasi ujian UTBK karena kamu bisa memanfaatkan aplikasi kost terbaik Mamikos.

Terdapat banyak pilihan jenis kost harian murah dengan fasilitas standar hingga fasilitas mewah. Budget sewa sesuai kantong pelajar pun tidak akan membuat dompetmu kempes. Bahkan, kamu dapat melakukan booking kamar kost tanpa datang langsung ke lokasi. Sangat praktis dan mudah, bukan?