Langkah Langkah Membuat Tabel di Microsoft Word, Mudah Dan Cepat

Posted in: Edukasi
Tagged: microsoft word

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word – Biasanya para pengguna Ms. Office menggunakan beberapa layanan Microsoft, misalnya seperti Word dan Excel yang paling populer. Untuk keperluan membuat tabel, biasanya Excel bisa dimanfaatkan karena membuat tabel lewat Microsoft Excel itu bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

Di dalam Microsoft Excel terdapat fitur pemformatan tabel yang lengkap juga sehingga data tabel yang bisa dihasilkan akan lebih sempurna. Sementara tabel yang telah dibuat dari Microsoft Excel sering menjadi lampiran dokumen yang disisipkan pada Microsoft Word dengan metode cara membuat tabel pada Microsoft Word tertentu.

Meski memang Excel bisa diandalkan untuk membuat tabel, bisa juga kalian membuat tabel secara langsung lewat dokumen Word. MS Word yang merupakan aplikasi untuk mengolah kata, membuat dokumen atau teks tentunya mempunyai cara berbeda dalam membuat tabel. 

Selain itu, Microsoft Word juga tidak mempunyai fitur pemformatan tabel yang selengkap Excel. Data dan juga tabel yang bisa dibuat Word hanya sekadarnya saja dengan tampilan lebih standar. Akan cukup susah juga membuat tabel panjang lewat Microsoft Word. 

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

Beberapa Cara Untuk Membuat Tabel Lewat Aplikasi Microsoft Word

Di bawah ini ada beberapa cara mudah membuat tabel melalui Microsoft Word. Pilih saja cara yang kalian anggap lebih mudah untuk pembuatan tabel ini. 

1. Memakai Kotak Insert Table

Kalian bisa membuat tabel melalui Microsoft Word dengan memakai kotak Insert Table. Pertama-tama, letakkan kursor mouse di Insert dan diklik, pastikan Insert tersebut sudah aktif agar kita bisa melihat apa saja menu yang ada di dalamnya. Lalu pada kelompok menu Table tersebut, klik saja Add Table. 

Sehingga nantinya bisa menampilkan drop-down menu yang menampilkan berbagai pilihan. Kalian bisa langsung saja pilih Insert Table agar memulai membuat Tabel. Selanjutnya pada kotak Insert Table tersebut yang muncul, kalian bisa tentukan berapa jumlah kolom serta baris yang diinginkan untuk pembuatan tabel. Kalau sudah, maka kemudian bisa klik OK.

2. Menyorot Kolom dan Baris di Grid

Ada lagi cara cepat lain untuk menyisipkan tabel pada dokumen Word yaitu dengan cukup menyorot baris beserta kolom saja lewat grid yang ada. Sehingga kita bisa menentukan berapa jumlah awal kolom beserta baris tabel tersebut. Jadi, Anda masih bisa mengubah jumlah kolom dan baris dengan menambahnya. 

Selain bisa menambah, kalian bisa juga menghapusnya setelah tabel dibuat. Letakkan saja kursor mouse pada tab Insert. Kalau sudah aktif tab Insert tersebut, maka pada kelompok Table, bisa diklik Add Table. Lalu pada grid yang telah ditampilkan, kalian bisa gerakkan saja pointer agar bisa menyorot jumlah baris kolom tabel yang hendak dibuat. Seperti itulah cara membuat tabel pada Microsoft Word dengan menyorot baris kolom.

3. Memakai Fitur Draw Table

Cara satu ini tentu sesuai namanya yang berarti kita akan menggambar tabel. Cara satu ini cukup berbeda, baik itu kolom dan juga baris tabel bisa kalian buat dengan ukuran berbeda-beda. Caranya yaitu memastikan tab Insert Ms. Word sudah aktif. Pada kelompok Table dengan menu drop-down, bisa klik saja opsi Draw Table. Nantinya kursor Anda akan berubah seketika menjadi icon pensil. 

Kalian bisa memakai pensil ini untuk membuat gambar berupa kotak lalu yang di dalamnya bisa dibuat kolom dan baris. Posisikan pensil dalam kotak lalu kemudian digambar kembali garis untuk membuat suatu baris secara horizontal. Bisa juga garis vertikal agar bisa membuat kolom. Kalau sudah selesai, maka klik saja di luar area tabel agar mengakhiri fungsi menggambar tabel. 

Agar kamu bisa menambahkan atau pun menghapus kolom baris tabel, maka klik dalam tabel agar bisa mengaktifkan Layout pada menu Table Tools. Agar bisa melanjutkan penggambaran baris horizontal dan vertikal, maka klik Draw Table. Lalu untuk menghapus, maka bisa klik opsi Erase. 

4. Konversi Teks ke Bentuk Tabel

Ada cara membuat tabel pada Microsoft Word lain yaitu mengkonversi teks atau plain text supaya bisa berbentuk tabel. Lebih baik data teks yang disiapkan yang cukup sederhana. Teks tersebut tersusun teratur serta dipisah dengan memakai karakter tertentu misalnya tab, hyphen, koma, dan lain sebagainya. 

Fitur Microsoft Word mempunyai fleksibilitas dalam menentukan pemisah teksnya. Secara default, maka pemisah teks Microsoft Word ialah tab. Sorot terlebih dahulu plain text yang ada pada dokumen Word. Pastikan Insert sudah aktif, di menu Table, pilih “Convert Text to Table”. Pada kotak dialog yang muncul, dalam menu Table Size, ada jumlah kolom yang terisi otomatis. 

Lalu pada menu AutoFit behavior, kalian bisa pilih tombol radio Auto Fit to content. Pada bagian Separate text, klik saja tombol Other dan ubah nilai i kotak teks memakai koma dan klik saja tombol OK kalau sudah semuanya. Nantinya teks akan dikonversi langsung atau berubah menjadi bentuk tabel.

5. Menyisipkan Tabel Spreadsheet Excel

Anda bisa juga menerapkan cara membuat tabel pada Microsoft Word dengan menyisipkan spreadsheet dari Excel. Spreadsheet ini bisa berupa spreadsheet yang kosong atau pun spreadsheet yang diisi dengan data-data. Bila data yang disisipkan merupakan spreadsheet kosong, maka Anda bisa membuat tabel pada spreadsheet kosong layaknya seperti membuat tabel lewat Microsoft Excel. 

Caranya dengan memastikan tab Insert sudah aktif, lalu pada kelompok Table, pilihlah Excel Spreadsheet. Agar kita bisa menyisipkan spreadsheet yang kosong, pada kotak Object, pastikan menu Create New sudah aktif. Pada list Object type, bisa memilih Excel Worksheet lalu kemudian pilih tombol OK. Spreadsheet kosong Excel disisipkan dalam dokumen Word nantinya. 

Lalu untuk menyisipkan yang sudah berisi data, maka pada menu Object yang ada, klik opsi “Create from File” dan pilih tombol Browse. Sehingga nantinya bisa membuka kotak Browse. Pada kotak Browse tersebut yang muncul, kalian bisa tentukan file Excel mana yang akan digunakan dan kemudian pilih tombol Insert. 

Lalu kembali ke Object, di File name sudah terisi path menuju folder file Excel dan klik OK. Nantinya spreadsheet Excel dengan berisi data disisipkan langsung ke dalam dokumen Word. Itulah beberapa cara membuat tabel pada Microsoft Word. Bagi beberapa orang, mungkin merasa asing dengan Ms. Excel. Sehingga lebih cenderung memakai Word untuk melakukan segala hal termasuk membuat tabel. 

Tidak masalah sebenarnya untuk memakai Word dalam membuat tabel. Apa lagi tampilannya lebih enak dilihat dari pada Excel. Tetapi disarankan untuk pembuatan tabel yang cukup rumit, maka pergunakan Excel. Jauh lebih mudah membuat tabel di Excel karena pada dasarnya Excel dibuat untuk pengolahan data dalam bentuk tabel-tabel.

Terutama jika kalian mengolah data dalam bentuk kuantitatif. Maka sangat disarankan memakai MS Excel. Dengan berbagai fungsi formula MS Excel tentu, akan mempermudah penjumlahan, menghitung rata-rata, jumlah data dan sebagainya. Sekian info seputar cara membuat tabel pada Microsoft Word, semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah