Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS 2019/2020

 Mamikos | Sel, 29 Mei 2018

Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS 2019/2020 – Ujian Nasional (UN) diselenggarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik pada jenjang satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang dapat dilihat nanti saat Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS 2019/2020. Ujian Nasional (UN) sebagai sub-sistem penilaian dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) menjadi salah satu tolak ukur pencapaian SNP dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan.

Pelaksanaan UN Tahun 2019 sendiri mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah. Dalam implementasinya, pelaksanaan UN mengacu kepada Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0044/P/BSNP/XI/2017, tanggal 28 November 2017 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.

Dengan demikian, tentu saja seluruh siswa di bangku sekolah harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) ini agar Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS 2019/2020 nantinya memberikan hasil yang memuaskan. Hal ini dilakukan agar nantinya siswa-siswi dapat mengerjakan soal-soal Ujian Nasional (UN) dengan penuh keyakinan dan dapat lulus Ujian Nasional (UN) dengan nilai yang diharapkan. Apabila kamu dinyatakan lulus dalam Ujian Nasional (UN) saat Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS 2019/2020 nanti, maka secara tidak langsung kamu juga telah dinyatakan lulus dari sekolah.

Bagi siswa-siswi sekolah menengah pertama (SMP) sederajat yang baru saja lulus nantinya dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang sekolah menengah pertama atau sederajat setelah Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS 2019/2020 nanti. Tak perlu ragu pula untuk belajar mulai merantau, mengenyam pendidikan di kota tetangga dan tinggal di kost Jakarta murah, kost Bandung murah, kost Jogja murah, karena banyak sekolah menengah yang dapat membentuk kepribadian kalian menjadi lebih baik.

Seperti yang telah dikutip dari Permdikbud nomor 5 tahun 2015 Pasal 5, bahwa kelulusan siswa-siswi dari jenjang:

a) SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA/SMTK, SMALB, SMK/MAK ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan yang bersangkutan dengan rapat dewan guru.
b) Program Paket B/Wustha dan Program Paket C ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui rapat pleno dengan melibatkan perwakilan dari satuan pendidikan non-formal.

Dari keterangan diatas bisa diartikan bahwa pengumuman kelulusan siswa-siswi jenjang sekolah menengah pertama (SMP) ataupun MTS sederajat akan diumumkan oleh masing-masing sekolah. Untuk metode pengumumannya sendiri kembali kepada pihak sekolah.

Karena ada sekolah yang mengugumkan secara online, tetapi adapula pihak sekolah yang menyampaikan langsung kepada siswa-siswinya, atau melalui cara-cara lainnya.

Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS 2019/2020

Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS Tahun 2018

Sekolah Menengah Pertama (disingkat SMP) adalah jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus dari Sekolah Dasar (SD atau sederajat). Sekolah menengah pertama ditempuh dalam kurun waktu 3 tahun (kelas 7 sampai kelas 9).

Dulunya sekolah menengah pertama ini pernah disebut sebagai Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), hingga pada tahun ajaran 2003-2004 SLTP diganti dengan sebutan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Beberapa kategori serupa / setahap dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP atau sederajat) diantaranya ada Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Kelompok Belajar / Program Paket B.

Materi USBN ini meliputi seluruh mata pelajaran di mana persentasi pembuatan soalnya sebagian besar, 75 – 80% diserahkan kepada pihak guru atau sekolah. Komposisi soal terdiri dari 90% pilihan ganda dan sisanya uraian.

Pada umumnya melihat Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS 2019/2020, orang tua siswa diminta untuk datang ke sekolah mewakili siswa untuk mengambil selembaran kertas yang berisi Pengumuman Hasil UN SMP dan MTS 2019/2020 atau kelulusan. Nantinya di kertas tersebut akan tertuliskan Lulus atau Tidak Lulus beserta dengan nilai hasil UN kalian. Namun, ada pula sekolah yang menyerahkan hasil UN langsung kepada siswa yang bersangkutan.

Menurut situs unbk.kemdikbud.go.id dijelaskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Nah, adapun cara untuk melihat hasil UN SMP 2019 dan UN Mts 2019 secara online, maka siapkan dulu peralatan.

Baik komputer dekstop maupun laptop dengan fasilitas internet maupun smartphone. Umumnya ada dua cara untuk melihat hasil pengumuman ini. Nah, apabila sekolah kalian menggunakan sistem online untuk melihat hasil pegumuman UN SMP dan MTS tahun 2019, berikut Mamikos berikan cara untuk melihat hasilnya melalui via online.

1. Buka laman Puspendik Kemendikbud yakni https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/
2. Isi data sebagai berikut
3. Setelah data terisi, klik tombol ‘Cari’
4. Akan muncul data bisa diunduh file untuk dilihat detail

Siswa-siswi yang dapat lulus dari Sekolah dan Pencapaian Komptensi Lulusan dalam Ujian Nasional umumnya harus dapat memenuhi beberapa kriteria kelulusan seperti yang sudah dijelaskan pada permendikbud nomor 5 tahun 2015 pasal 2, yakni:

1. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah:

a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan
c. lulus Ujian S/M/PK.

2. Kelulusan peserta didik dari Ujian S/M sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
ditetapkan oleh satuan pendidikan.

3. Kelulusan peserta didik dari Ujian PK sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

4. Kelulusan peserta didik ditetapkan setelah satuan pendidikan menerima hasil UN peserta didik yang bersangkutan.

Bagi siswa-siswi yang dinyatakan lulus dalam Ujian Nasional (UN) 2019, nantinya kalian akan mendapatkan ijazah dan SKHU yang akan menjadi bukti kelulusan kalian. Selanjutnya, ijazah dan SKHU tersebut dapat kalian gunakan sebagai pelengkap persyaratan untuk mendaftarkan diri di sekolah jenjang selanjutnya, yakni SMA/MA/SMK sederajat yang kalian minati. Tak hanya itu saja, ijazah dan SKHU tersebut juga dapat kamu gunakan untuk melamar lowongan kerja freelance Surabaya.

Nah, itu tadi adalah informasi seputar pengumuman hasil UN SMP dan MTS 2019 yang dapat Mamikos sampaikan kepada kalian semua. Bagaimana? Apakah kalian sudah melihat hasil Ujian Nasional (UN) kalian? Semoga hasilnya memuaskan ya! Mamikos mengucapkan selamat kepada kalian yang sudah dinyatakan lulus dalam Ujian Nasional SMP dan MTS 2019.

Dan untuk yang dinyatakan belum lulus, jangan langsung berkecil hati karena masih ada kesempatan lainnya untuk lulus seperti mengikuti ujian paket B dan lainnya. Jika kalian masih membutuhkan informasi lebih banyak lagi seputar Ujian Nasional, silahkan kunjungi situs Mamikos melalui halaman browser ataupun ponsel kalian. Atau, jika ingin lebih mudah lagi silahkan download aplikasi Mamikos di Play Store di gadget kesayangan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: