Ingin Tetap Sehat Setelah Mengonsumsi Daging Saat Idul Adha? Ikuti Tips Berikut Ini!

 Mamikos | Jum, 01 Sep 2017

Ingin Tetap Sehat Setelah Mengonsumsi Daging Saat Idul Adha? Ikuti Tips Berikut Ini! – Menjaga badan tetap sehat setelah mengonsumsi daging dalam jumlah banyak saat hari Idul Adha ini sangat perlu dilakukan. Di hari Idul Adha ini, ribuan umat Islam di seluruh dunia menyembelih hewan kurban. Tradisi makan masakan olahan daging pun menjadi trend di hari raya ini. Masakan-masakan seperti sate, gulai, dan tongseng pasti hadir di meja makan hari ini. Namun, hendaknya kita tetap hati-hati dalam mengonsumsi masakan daging, sehingga badan tetap sehat dan tidak mendatangkan masalah pada tubuh kita.

Ingin Tetap Sehat Setelah Mengonsumsi Daging Saat Idul Adha? Ikuti Tips Berikut Ini!

Mengonsumsi daging secara berlebihan memang bisa menimbulkan masalah kesehatan, contohnya asam urat, hipertensi, masalah jantung, dan juga kolesterol. Bagaimana caranya agar kita tetap sehat setelah mengonsumsi daging dalam jumlah banyak saat Idul Adha? Berikut ini adalah tips yang bisa kita lakukan agar tetap aman dan sehat setelah menyantap masakan daging dari kurban.

1. Kombinasikan Masakan Daging Kurban dengan Buah dan Sayur

Untuk mengurangi efek samping dari mengonsumsi daging dalam jumlah banyak di hari Idul Adha, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mengimbanginya dengan makan buah dan sayur dalam jumlah yang banyak pula.  Kubis, tomat, mentimun, wortel, dan kemangi bisa jadi pilihan. Selain untuk lalapan, sayur-sayuran tersebut juga bisa dimasak menjadi pendamping bagi masakan daging. Selain itu, buah-buahan seperti jeruk, semangka, dan melon bisa mengimbangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Alhasil, kadar kolesterol dalam tubuh akan seimbang dan tidak berlebihan, meski sudah makan daging dalam jumlah banyak.

2. Makan Daging Selambat-lambatnya 2 Jam Sebelum Tidur

Jangan mengonsumsi daging sesaat sebelum tidur karena daging membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh. Jika setelah makan daging kita segera pergi tidur, maka lemak dari daging tidak akan terproses dengan baik menjadi energi dan justru akan menumpuk dalam tubuh dan menimbulkan banyak penyakit. Selain memperhatikan waktu saat memakan masakan berbahan daging, jangan mengonsumsi lemak lain seperti cokelat atau keju bersamaan dengan daging kambing atau sapi. Hal ini akan membuat kadar lemak dalam tubuh meningkat dan semakin sulit dicerna.

3. Makan Dalam Porsi Kecil dan Tidak Berlebihan

Mengonsumsi makanan apapun sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Makanan berbahan daging dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan jika dimakan secara berlebihan, apalagi bagi seseorang yang menderita penyakit hipertensi, kolesterol (dislipdemia), kadar asam urat tinggi, dan diabetes. Jika tetap makan daging dalam jumlah banyak, masalah kesehatannya pasti akan menjadi lebih parah.

4. Perbanyak Minum Air Putih dan Pilih Minuman Hangat

Daging kambing dan sapi banyak mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kolesterol darah, apalagi jika dipadukan dengan santan dan juga minuman-minuman berkalori. Karenanya, Jangan memilih minuman berkalori tinggi seperti teh manis atau sirup usai menyantap daging kambing atau sapi. Minum jus jeruk hangat bisa membantu membersihkan kerongkongan. Selain itu, perbanyak minum air putih setidaknya 5-8 gelas per hari untuk membantu melancarkan pencernaan setelah banyak makan makanan berbahan dasar daging.

Nah itu dia tadi beberapa tips yang bisa dijalankan untuk tetap sehat setelah mengonsumsi daging di hari Idul Adha. Ingat, meski makanan di meja makan hari ini mungkin sangat menggoda, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan badan, ya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di IndonesiaCari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost