Contoh Integrasi Nasional, Faktor, Manfaat, Syarat dan Pengertiannya

Posted in: Pelajar

Contoh Integrasi Nasional, Faktor, Manfaat, Syarat dan Pengertiannya – Bangsa Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam maupun keanekaragaman budaya. Kekayaan ini pada akhirnya membuat Indonesia menjadi negara yang beragam dan majemuk. Agar negara tidak berantakan karena banyaknya perbedaan, keberagaman yang ada harus ditata dengan baik. Oleh karena itu diperlukan integrasi nasional sebagai konsep persatuan nasional. Kali ini Mamikos akan bagikan informasi mengenai integrasi nasional yang wajib kamu ketahui.

Tentang Integrasi Nasional

nusantaranews.com

Menelaah makna integrasi nasional dapat dimulai dengan konsep pengertian sederhana persatuan nasional. Untuk mengatasi keberagaman suatu negara dengan latar belakang budaya, suku, etnis, hingga latar belakang ekonomi, persatuan sangat diperlukan. Simak pengertian, syarat, manfaat, faktor hingga contoh integrasi nasional dikehidupan sehari-hari.

Pengertian Integrasi Nasional 

Pendapat Secara Umum

Integrasi nasional dapat didefinisikan menjadi bersatunya sebuah bangsa yang telah mendiami wilayah tertentu dalam suatu negara yang berdaulat. Secara umum, integrasi nasional dapat mencerminkan susunan proses persatuan dari kumpulan individu dari berbagai wilayah berbeda dan mempunyai perbedaan. Lalu, menurut definisi KBBI Integrasi Nasional adalah suatu bentuk penyatuan dari berbagai kelompok budaya dan juga sosial pada kesatuan wilayah dan juga pembentukan sebuah identitas secara nasional.

Pendapat Menurut Ahli

Untuk pendapat pertama menurut J. Soedjati Djiwandono, sebagaimana dijelaskan oleh Soedjati Integrasi nasional merupakan suatu cara bagaimana mejaga kelestarian dalam persatuan nasional di dalam arti luas bisa didamaikan dengan hak dalam menentukan nasib sendiri. Lalu untuk pendapat ahli yang kedua yaitu menurut Arfani adalah Integrasi Nasional merupakan suatu pembentukan identitas nasional dan dengan bersatunya beragam kelompok sosial dari budaya ke dalam sebuah kesatuan wilayah.

Manfaat Integrasi Nasional

Adanya sikap peduli terhadap sesama

Timbulnya rasa kesatuan yang tinggi membuat orang saling peduli. Adanya sikap peduli ini membuat seseorang akan memperhatikan satu sama lain. Semakin erat rasa persatuan dan kesatuan maka akan semakin tinggi rasa peduli kepada sesama manusia. Manfaat ini dapat dirasakan ketika integrasi seluruh bangsa negara sudah terbentuk dengan baik dan tidak ada pemberontakan dari pihak manapun.

Hubungan yang erat sesama bangsa

Hubungan terjalin dengan baik membuat semua masyarakat akan saling peduli. Rasa peduli ini akan semakin mempererat hubungan sesama bangsa. Semakin erat hubungan maka semakin kuat rasa kesatuan dan persatuan yang dimiliki. Integrasi nasional yang kuat tentu saja akan membuat hubungan bangsa dalam suatu negara semakin kuat.

Kebersamaan dalam kegiatan positif 

Orang yang rukun dan damai maka tidak akan sulit melakukan sesuatu yang memiliki unsur kebersamaan. Rasa persatuan ini akan membuat orang menginginkan melakukan kegiatan positif untuk kepentingan bersama. Contoh nyata yang dapat kita lihat adalah acara perayaan hari kemerdekaan. Semua orang merayakan dengan suka cita dan melaksanakan berbagai jenis perlombaan.

Menghormati perbedaan yang ada

Perbedaan bukanlah sebuah kesalahan dan kebencian. Adanya perbedaan tidak membuat seseorang saling menjauh, tapi malah saling menguatkan dan bersatu untuk menuju tujuan bersama. Hal ini berkaitan dengan cita-cita bangsa dan negara. Integrasi bertujuan untuk mempersatukan berbagai hal yang berbeda menjadi kesatuan yang utuh.

Kehidupan sesuai dengan norma yang berlaku

Pedoman seseorang dalam kehidupan sehari-hari ialah berusaha menjalani hidup sesuai dengan aturan yang berlaku. Aturan yang ada di Indonesia bukan hanya hukum melainkan terdapat nilai-nilai dan norma lainnya yang dipercayai masyarakat.

Hal ini jelas membuat masyarakat terus bersatu. Bahkan persatuan ini akan semakin terasa ketika kita berada di daerah lain dan menemukan berbagai jenis nilai yang belum pernah kita temui.

Syarat Integrasi Nasional

  1. Syarat integrasi nasional adalah anggota masyarakat merasa kalau mereka bisa dan berhasil mengisi kebutuhan masing-masing orang.
  2. Syarat integrasi nasional adalah terciptanya kesepakatan bersama mengenai norma-norma dan nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman.
  3. Syarat integrasi nasional adalah norma-norma dan nilai-nilai sosial itu dijadikan aturan pasti dalam melakukan integrasi sosial.

Faktor Adanya Integrasi Nasional

Faktor 1. Perasaan Senasib dan Seperjuangan

Satu di antara faktor pendukung integrasi nasional yang paling utama ialah adanya perasaan senasib dan seperjuangan. Hal tersebut muncul saat masa penjajahan, di mana warga Indonesia bersatu untuk merdeka karena dilandasi keinginan yang sama, tanpa memedulikan suku, agama, ras, dan golongan.

Faktor 2. Keinginan untuk Bersatu

Satu di antara peristiwa yang menunjukkan keinginan persatuan Indonesia adalah Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Warga Indonesia ingin bersatu dalam semangat perjuangan yang sama, sesuai cita-cita nasional.

Faktor 3. Cinta Tanah Air

Faktor yang memengaruhi integrasi nasional juga karena adanya rasa cinta Tanah Air di kalangan bangsa Indonesia. Hal itu dibuktikkan saat masa perjuangan dalam merebut, menegakkan, dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia sampai sekarang.

Faktor 4. Perwujudan Ideologi Nasional

Integrasi nasional menjadi wujud dari ideologi nasional yang telah disepakati bersama. Lewat ideologi Pancasila, Indonesia yang mempunyai banyak perbedaan atau keragaman bisa tetap bersatu. Hal itu dikarenakan nilai-nilai Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Faktor 5. Terdapat Budaya Gotong Royong

Faktor pembentuk integrasi nasional bisa timbul adalah adanya budaya gotong royong. Seperti diketahui, budaya gotong royong merupakan ciri khas kepribadian bangsa Indonesia secara turun temurun sejak dulu dan tetap dipertahankan hingga sekarang.

Faktor 6. Antisipasi Ancaman Asing

Integrasi nasional juga penting untuk mengantisipasi ancaman dari luar. Bentuk ancaman dari luar tersebut bisa berupa pengambilan wilayah atau pulau paling luar di Indonesia.

Contoh Integrasi Nasional

Dalam melaksanakan integrasi nasional, untuk sikap saling berbagi di negara ini sudah terkenal sejak dulu dengan keramahannya. Sikap yang warga ramah-tamah ini dibarengi dengan sikap yang saling berbagi kepada sesama. Yang telah dikembangkan sejak dini.

Adanya sikap gotong royong ditengah masyarakat juga bisa menjadi faktor yang kuat adanya integritas nasional. Saling membantu dalam melakukan apapun dengan sesama warga setempat bisa memupuk rasa solidaritas yang tinggi. Berikutnya adalah rasa untuk saling menghargai, menghormati perbedaan dan tidak membedakan satu dengan yang lain. Meskipun Indonesia dengan beragam perbedaan budaya namun tetap satu.

Kasus lainnya yang bisa menjadi contoh integrasi nasional dalam bingkai bhineka tunggal ika misalnya saja pada masa kemerdekaan dimana semua wilayah Indonesia bisa bersatu dengan perbedaan agama ataupun ras.

Nah itu tadi pengertian, faktor, manfaat, syarat, dan contoh dari integrasi nasional yang wajib kamu ketahui. Simak terus artikel yang informatif dan menarik lainnya di blog Mamikos. Jangan lupa download aplikasi Mamikos untuk berbagai hunian kos yang cocok buat kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta