Cara Menentukan Tujuan Karier Jangka Panjang

 Posted on Selasa, September 17th, 2019  Posted in Tips Loker  karin

Cara Menentukan Tujuan Karier Jangka Panjang – Bukan sembarangan , saat meniti karier alangkah lebih baik bila kamu sekalian menyusun tujuan karier secara jangka panjang. Hal tersebut akan jauh lebih mudah bila dari awal kamu sudah tahu seluk beluk profesimu tersebut. Dengan menyusun tujuan karier secara jangka panjang lebih awal, kamu akan bisa menyusun timeline di hidupmu, dan bisa lebih cepat dalam menuju goal-goal di hidupmu yang lain.

Cara Menentukan Tujuan Karier Jangka Panjang Berikut Wajib Diketahui Job Seeker

Cara Menentukan Tujuan Karier Jangka Panjang

1. Tentukan pekerjaan ideal menurutmu

Pertama, kamu perlu memutuskan apa posisi impianmu atau apa pekerjaan ideal menurutmu. Ini adalah tujuan jangka panjang yang harus kamu perhatikan. Kamu mungkin ingin bekerja pada posisi manajer atau direktur atau menjadi seorang arsitek. Terlepas dari posisi itu, penting untuk memiliki tujuan yang jelas, ini akan membuat perencanaan proses dan langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk sampai ke sana lebih mudah.

2. Jangan lupa untuk membangun resume

Jika kamu mencari mobilitas yang lebih tinggi, kamu mungkin ingin mempertimbangkan mencari pekerjaan baru setiap beberapa tahun. Membangun resume dan menambahkan keterampilan baru dan bidang keahlian akan membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.

3. Punya target yang jelas

Mulai rancang tujuan karier masa depanmu dengan bertanya pada diri sendiri. Pekerjaan jenis apa yang kamu suka? Keahlian seperti apa yang kamu punya dan bisa ditekuni untuk menghasilkan uang? Perusahaan mana yang ingin jadi tempat kamu berlabuh dan ikut berpartisipasi lewat proses kerja? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa menjadi kompas dari tujuan karier kamu selanjutnya. Maka tahap pertama untuk menentukannya adalah gambaran yang jelas dari rencana dan target yang mau kamu capai dalam jangka waktu tertentu.

4. Komitmen adalah kunci

Menentukan tujuan karier berarti kamu akan menyiapkan perubahan supaya rencana tersebut bisa terealisasi. Namun yang namanya perubahan tidak selalu mudah diterima, apalagi jika sudah terlalu nyaman dengan situasi sebelumnya. Untuk mencapai tujuan karier, pasti butuh disiplin dan komitmen untuk menjalani tahapan demi tahapan baru sebagai jalan untuk sampai ke tujuan karier.

5. Terakhir adalah menyiapkan diri

Memang untuk berangkat ke level selanjutnya kamu butuh kesempatan, seperti promosi dari atasan, atau tawaran berkarir di tempat lain yang lebih menjanjikan. Untuk itu kamu harus segera menyiapkan diri agar bisa terus menuju tujuan karier jangka panjang yang kamu idamkan.