Cara Mengatur Margin Makalah yang Baik dan Benar

Posted in: Mahasiswa
Tagged: Contoh Makalah

Mengatur ukuran margin pada sebuah makalah, paper, ataupun karya ilmiah lainnya merupakan hal yang sangat penting. Pada saat kita menulis sebuah karya ilmiah, mengatur ukuran margin adalah hal yang jangan sampai terlewatkan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan cara mengatur margin makalah yang baik dan benar.

Sebab tidak sedikit pelajar baik siswa sekolah maupun mahasiswa masih bingung dalam mengatur ukuran margin. Hal ini yang menyebabkan nilai mereka akhirnya menjadi kurang memuaskan, yang disebabkan karena kesalahan dalam mengatur margin.

Banyak dari kita yang mungkin masih bertanya, kenapa ukuran margin itu penting saat membuat karya ilmiah? Pada dasarnya, ukuran margin sudah ditentukan supaya lebih memudahkan pembaca pada saat melihat dan menilai karya tulis ilmiah.

Pada saat pembaca membuka lembar karya tulis ilmiah, pembaca akan secara langsung dihadapkan dengan paragraf tulisan. Dengan mengatur ukuran margin, hal itu bisa menghindari paragraf yang terlalu menjorok ke sebelah kiri.

Namun sebelum membahas lebih lanjut mengenai ukuran margin untuk makalah ataupun karya tulis ilmiah lainnya, sebenarnya apa itu margin? Pada kesempatan kali ini, akan admin jelaskan mengenai margin untuk kamu semua.

Apa itu Margin?

unsplash.com

Margin merupakan sebuah istilah yang mungkin kurang familiar di kalangan masyarakat pada umumnya. Istilah satu ini memang kerap digunakan dalam ilmu komputer maupun ilmu akuntansi. Margin yang dimaksud ini merupakan margin yang ada dalam ilmu komputer.

Margin merupakan batas jarak berada di antara dokumen dengan tepi kertas. Margin juga bisa diartikan sebagai ruang kosong yang ada antara dokumen dan juga batas tepi kertas. Batas tepi kertas di sini termasuk bagian kanan, kiri, atas, dan juga bawah.

Dalam KBBI, margin merupakan tepian atau batas. Menu margin di dalam Microsoft Word sendiri terdapat pada menu Layout yang juga disebut dengan Page Layout. Agar tahu cara mengatur margin makalah yang baik dan benar, kamu harus mengubah ukuran Page Layout di dokumen Microsoft Word ke ukuran yang sesuai dengan ukuran margin pada karya tulis ilmiah.

Ukuran margin pada pengaturan Microsoft Word sendiri berukuran 1 cm. Oleh karena itu ketika kamu membuka dokumen baru, maka otomatis ukuran marginnya adalah 1 cm. Ukuran tersebut bukanlah ukuran margin yang benar dari karya tulis ilmiah.

Sudah kita bahas sebelumnya bahwa margin punya 4 bagian yaitu atas, bawah, kiri, dan kanan. Pada Microsoft Word sendiri, batas atas margin disebut dengan top, sedangkan bada batas bawah disebut dengan bottom. Sedangkan untuk batas kiri disebut left, dan batas kanan disebut dengan right.

Selain 4 batas tadi, ada juga pengaturan margin lain yang juga dikenal dengan nama Gutter dan Page Orientation. Kedua fitur tersebut merupakan pelengkap saja. Gutter sendiri merupakan fitur yang dipakai untuk menambahkan ruang lebih di bagian sisi margin. Tujuannya agar dapat memastikan halaman dekat gutter tidak terpotong pada saat dokumen tersebut dijilid.

Lalu apa itu Page Orientation? Fitur satu ini biasanya digunakan untuk mengatur posisi halaman. Pada saat membuka dokumen baru, posisi halaman umumnya berada pada posisi potrait. Namun dengan fitur Page Orientation, kita bisa mengubah posisinya menjadi Landscape.

Dengan mengetahui cara mengatur margin makalah, tentu akan sangat menguntungkan pembaca karya tulis ilmiah yang kamu buat. Sebab jika kita tidak mengatur margin, maka akan sangat melelahkan bagi pembaca saat membaca karya tulis ilmiah yang penuh dengan tulisan.

Menentukan Ukuran Margin Makalah yang Benar

Ukuran margin pada makalah ataupun karya tulis ilmiah lainnya memiliki format yang sudah diatur. Untuk format margin makalah yang benar adalah dengan format 4433 ataupun 4343. Dilihat dari formatnya mungkin tampak berbeda, namun sebenarnya kedua format tersebut sama. 

Lalu apa yang dimaksud dengan format 4433 dan juga 4343? Berikut maksud dari format tersebut :

1. Format 4433

  1. Batas margin bagian atas (top): 4cm atau 1,58 inch
  2. Batas margin bagian kiri (left): 4cm atau 1,58 inch
  3. Batas margin bagian bawah (bottom) : 3 cm atau 1,18 inch
  4. Batas margin bagian kanan (right) : 3 cm atau 1,18 inch
  5. Sedangkan cara mengatur margin makalah dengan format 4343, maksudnya adalah :

2. Format 4343

  1. Batas margin bagian atas (top): 4cm atau 1,58 inch
  2. Batas margin bagian kanan (right): 3cm atau 1,18 inch
  3. Batas margin bagian kiri (left) : 4 cm atau 1,58 inch
  4. Batas margin bagian bawah (bottom) : 3 cm atau 1,18 inch

Pada saat kamu memulai menulis sebuah makalah ataupun karya tulis ilmiah lainnya, ada baiknya kamu atur terlebih dahulu ukuran marginnya. Tujuannya agar dokumen tidak acak-acakan atau tidak beraturan jika kamu baru mengatur margin bila dokumen selesai ditulis.

Cara Mengatur Ukuran Margin pada Microsoft Word

Berikut ini admin akan menjelaskan bagaimana cara mengatur ukuran margin pada saat kamu menggunakan Microsoft Word :

  1. Buka terlebih dahulu dokumen baru di Microsoft Word, setelah itu pilih Blank Document.
  2. Setelah itu, masuk ke bagian menu dan pilih Page Layout.
  3. Pada menu Page Setup, pilih menu Margins
  4. Saat kamu klik menu Margins, maka akan muncul beberapa pilihan. Pilih bagian paling bawah yaitu Custom Margins.
  5. Nantinya akan muncul kotak dialog, lalu isikan bagian atas (top), kiri (left), bawah (bottom), dan kanan (right) sesuai dengan format yang kamu inginkan. Bisa dengan format 4433 ataupun 4343.
  6. Langkah terakhir setelah kamu mengatur format, klik tombol OK di bagian bawah kotak dialog. Selesai, kamu sudah tahu cara mengatur margin makalah yang baik dan benar.

Format dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah

Selain kamu harus mengetahu ukuran serta format margin yang benar, kamu juga harus tahu bagaimana format yang benar dalam menulis sebuah karya ilmiah. Dalam penulisan karya tulis ilmiah, tidak hanya standar margin makalah yang harus benar, namun juga soal jenis font, ukuran kertas, jenis kertas, dan juga jarak spasi atau jarak antar kata.

Berikut ini admin akan memberikan format yang benar dalam penulisan karya tulis ilmiah :

1. Format Penulisan Karya Ilmiah :

  1. Ukuran Margin : format 4433 atau 4343
  2. Ukuran Font : 12
  3. Jenis Font : Times New Roman
  4. Jenis Kertas : A4
  5. Jarak Spasi atau jarak kata : 1.5

Format penulisan karya tulis ilmiah tersebut harus ditaati oleh penulis, baik untuk pembuatan makalah maupun karya tulis ilmiah lainnya.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai cara mengatur margin makalah ataupun karya tulis ilmiah lainnya dengan baik dan benar. Sebenarnya dalam mengatur ukuran margin sebuah karya ilmiah sangatlah mudah, asalkan kita tahu bagaimana format yang benar.

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan, semoga bisa bermanfaat buat kamu semua dan bisa membantu kamu dalam mengerjakan karya tulis ilmiah.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah