Cara Mengetahui EFIN Pajak Yang Lupa Dengan Cepat dan Benar

Posted in: General Informasi
Tagged: Efin Pajak Pajak

Cara Mengetahui EFIN Pajak Yang Lupa Dengan Cepat dan Benar – Buat Anda yang masih asing dengan EFIN, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. EFIN atau Electronic Filling Identification Number merupakan nomor elektronik yang teridentifikasi dengan Direktorat Jenderal Pajak sebagai badan yang mengeluarkan EFIN tersebut. EFIN sendiri akan memudahkan Anda untuk melakukan pelaporan pajak.

Pusing karena bayar e-filling pajak tapi lupa dengan EFIN? Ada yang pernah mengalaminya? Kalau ada saya sarankan jangan panik. Anda tidak perlu khawatir karena ada cara mengetahui EFIN pajak untuk pajak apapun, termasuk PPH21 yang lupa dengan gampang. Perhatikan artikel yang satu ini sehingga Anda memahami dengan baik tips dan caranya.

4 Cara Mengetahui EFIN Pajak Yang Lupa Dengan Gampang

unsplash.com

Perlu Anda ketahui jika fungsi EFIN adalah untuk menjadi otentifikasi pada saat melakukan pelaporan atau pembayaran pajak. Jika Anda lupa dengan EFIN, biasanya Anda akan melakukan beberapa prosedur agar Anda bisa membayar atau melaporkan pajak Anda. Beruntungnya bagi Anda yang memang lupa dengan EFIN Anda, berikut ini ada 5 cara mengetahui EFIN pajak yang lupa untuk Anda.

1. Hubungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Cara pertama yang direkomendasikan untuk Anda ketika lupa EFIN adalah langsung mengunjungi KPP. Anda hanya perlu mencari customer service dan mengambil nomor antrean. Tidak perlu khawatir bagi Anda yang sedang berada di luar kota ataupun tidak berdomisili di tempat, Anda bisa langsung datang ke KPP mana pun untuk mendapatkan EFIN.

Kemudian saat ke KPP, jangan lupa untuk membawa kartu identitas (KTP) dan NPWP. Lalu saat Anda sudah sampai ke antrean Customer service, nantinya Anda akan dimintakan keterangan EFIN untuk ditemukan. Tidak akan memakan sampai satu jam untuk mendapatkan EFIN Anda jika memang antrean tidak terlalu padat. Jika sudah, jangan lupa untuk mengingat atau menyimpannya dengan baik agar tidak lupa.

2. Chat langsung dengan Chat Pajak

Ingin melakukannya dengan online karena tidak sempat ke KPP, maka cara mengetahui EFIN pajak yang lupa ini akan menjadi solusinya. Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur Chat Pajak yang berada di situs pajak.go.id. 

Saat Anda mendatangi laman tersebut nantinya ada ikon unik yang memiliki tanda “Chat Pajak”. Kemudian Anda tinggal klik langsung untuk mengurus EFIN Anda yang kelupaan. Prosesnya sama seperti sebelumnya, Anda tinggal melaporkan kalau Anda lupa EFIN untuk lapor pajak. 

Nantinya dari admin situs tersebut akan membantu Anda sampai menemukan EFIN milik Anda. Untuk cara yang satu ini sangatlah mudah dan cepat. Namun, pastikan juga koneksi internet Anda agar Anda dapat mengurus EFIN yang kelupaan dengan cepat.

3. Pakai Twitter akun @kring_pajak

Cara yang satu ini masih menggunakan media online. Jika Anda merasa kecepatan internet Anda tidak memadai dan ingin mengurus EFIN yang Anda lupakan, maka solusinya dengan Direct Message langsung ke akun Twitter @kring_pajak. 

Akun Twitter ini merupakan akun resmi dari Direktorat Jenderal Pajak dan Anda bisa mengurus EFIN Anda. Tidak hanya EFIN, Anda bisa melakukan apa pun asal berhubungan dengan pajak. Caranya masih sama, Anda langsung membuat laporan dan nantinya EFIN Anda yang kelupaan akan segera diurus oleh admin. 

Nantinya tidak memerlukan waktu yang lama, Anda akan mendapatkan EFIN dan siap melaporkan pajak Anda. Pastikan untuk DM di waktu kantor agar dapat dengan mudah untuk diurus lebih cepat.

4. Call Center Kring Pajak

Kuota internet habis? Kemudian bingung karena sedang di perjalanan sehingga tidak bisa ke kantor KPP. Solusi untuk mengetahui EFIN pajak yang lupa ini bisa Anda gunakan. Caranya adalah dengan langsung menelepon Call Center Kring Pajak. Jika sudah dijawab, Anda tinggal menjelaskan keluhan Anda tentang EFIN yang kelupaan dan membutuhkan EFIN.

Pastikan juga Anda tidak lupa harus memiliki pulsa yang cukup banyak karena pastinya Anda akan menelepon Call Center Kring Pajak cukup lama. Pastikan juga sinyal Anda aman agar Anda dapat berbicara dengan baik dan lancar. Cara ini menjadi cara terakhir untuk bisa menghubungi dan mengurus EFIN Anda yang terlupakan.

Bersumber dari Direktorat Jenderal Pajak, untuk mengurus EFIN yang lupa melalui Chat Pajak, Twitter, atau Call Center dapat dilakukan dengan mengikuti jam kantor Direktorat Jenderal Pajak yaitu dari Senin sampai Jumat dan jamnya dimulai dari jam 08.00 – 16.00.

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Mengurus Lupa EFIN

Setelah Anda tahu cara mengetahui EFIN pajak yang lupa, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan agar urusan lupa EFIN milik Anda jadi lebih gampang. Adapun beberapa hal yang harus Anda persiapkan sehingga Anda dapat mengurusnya lebih cepat dan gampang.

Persiapan Data untuk mengetahui EFIN yang kelupaan

Adapun data-data yang harus Anda persiapkan jika EFIN Anda lupa. Berikut ini adalah beberapa data yang bisa Anda kumpulkan sebelum menggunakan cara untuk bisa mengetahui EFIN pajak yang lupa.

  1. Nama Lengkap dan Identitas diri (KTP)
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Alamat email dan nomor telepon yang digunakan saat mendaftarkan NPWP
  4. Pajak SPT Terakhir. Pastikan untuk yang ini merupakan versi terakhir Anda membayar sehingga petugas Kring Pajak dapat langsung melacaknya

Nantinya petugas akan mencocokkan data yang Anda miliki. Jika Anda data tersebut sesuai dan cocok, maka Anda dapat langsung mengetahui EFIN Anda yang dikirimkan langsung melalui email beserta petunjuk cara mengetahuinya.

Cara Lain Mendapatkan EFIN yang Hilang

Sebenarnya ada cara untuk mengetahui EFIN pajak yang lupa atau hilang yang bisa Anda gunakan. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukannya. Dua cara tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Cara yang pertama adalah dengan membongkar file atau berkas pajak Anda yang terdahulu, pastikan juga jika memang Anda tertib dalam mengurus file. Jika Anda melakukan ini, nantinya Anda bisa menemukan EFIN Anda yang hilang. Walaupun cara ini tidak terlalu penting tapi tetap saja akan lebih manjur jika mencoba mencarinya melalui berkas yang lama.
  2. Cara yang kedua adalah mengecek inbox email Anda. Pastinya Anda saat membuat NPWP atau lapor pajak akan mendapatkan email. Hal ini berlaku pula dengan nomor EFIN Anda. Selain mendapatkan nomor EFIN dari berkas yang tertera, maka biasanya Kring Pajak akan mengirimkan pula EFIN Anda melalui email. Hal inilah yang bisa memudahkan Anda untuk menemukan EFIN yang Anda lupakan.

Cara ini merupakan cara lain yang memang bisa Anda lakukan jika sedang tidak menggunakan tips yang di atas sebelumnya.

Segera Daftar EFIN di Aplikasi Resmi

Cara termudah lainnya agar EFIN Anda tidak terlupakan adalah dengan mendaftarkannya langsung ke aplikasi resmi dari Kring Pajak.

Demikian informasi yang bisa Anda ketahui tentang cara mengetahui EFIN pajak yang lupa. Semoga bisa membantu Anda agar dapat lapor atau bayar pajak tepat waktu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah