Cara Menghilangkan Garis Merah di Word, dan Ini Artinya

Posted in: Edukasi
Tagged: microsoft word

Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word – Kalau kalian sudah terbiasa dengan menulis artikel ataupun kalian yang membuat skripsi pasti pernah melihat garis merah di bawah tulisan. Itu sebenarnya ada artinya loh, dan ada cara menghilangkan garis merah di Word tersebut supaya tidak terlihat mengganggu. Karena memang sering kali garis merah tersebut sangat mengganggu kita ketika kita sedang menulis di Word tersebut. 

Untuk bisa menghilangkan garis merah tersebut, kita tentunya harus tahu dulu secara pasti garis merah itu artinya apa. Kalau sudah tahu barulah nantinya kita akan bisa menghilangkan garis merah tersebut dengan sangat mudah dan juga cepat. Pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan mengenai garis merah tersebut, mulai dari arti dan juga cara menghilangkannya bagaimana.

Cara Menghilangkan Garis Merah Di Word

Arti Garis Merah Di Word

Sebelum kita menghilangkan garis merah, mari kita pelajari terlebih dahulu sebenarnya arti dari garis merah itu sebenarnya apa. Karena kalau kita pelajari lebih dalam sebenarnya fungsi dari garis merah ini sangatlah penting untuk kita menulis sebuah tulisan di Word. Karena pada dasarnya itu adalah petunjuk adanya penulisan kata yang salah atau mungkin kata yang tidak dimengerti. 

Selain dari menunjukkan adanya penulisan kata atau kata yang tanpa arti dalam bahasa tertentu, juga menunjukkan kesalahan pada tanda baca. Jadi menurut aturan penulisan sesuai dengan bahasa yang digunakan, terkadang tanda baca itu memiliki aturan tertentu yang harus diikuti. Nah garis merah ini akan menunjukkan ke semuanya itu, dan menurut pendapat kami justru itu sangat membantu.

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan garis merah di Word, arti dari garis merah ini sendiri memang sangat membantu kita. Sehingga kita tidak akan melakukan kesalahan tulis seperti Typo dan bisa menghasilkan tulisan yang sesuai dengan EYD yang berlaku pada bahasa tertentu. Meskipun memang tidak bisa dipungkiri kalau garis merah itu terkadang sangat mengganggu kita dalam melakukan penulisan.

Cara Menghilangkan Garis Merah Yang Ada Di Word

Bila mungkin garis merah itu sangat mengganggu Anda dalam melakukan penulisan, maka ada beberapa cara yang sebenarnya bisa kita pergunakan. Cara ini ada yang bisa menghilangkan garis merah dan juga manfaatnya, namun ada juga yang menghilangkan namun jadi benar. Berikut ini kami akan jelaskan cara-cara yang bisa kalian pakai untuk menghilangkan garis merah tersebut.

1. Mengganti Pengaturan Proofing Language Ke Indonesia

libroediting.com

Cara yang pertama ini menurut kami adalah cara yang tepat untuk dipergunakan menghilangkan garis merah. Karena di cara menghilangkan garis merah di Word ini kalian akan melakukan koreksi pada kata ataupun tulisan yang salah tersebut. Dan memang ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengganti proofing language ini, berikut langkahnya. 

A. Download Terlebih dahulu

Langkah yang pertama itu adalah kalian harus melakukan download proofing language terlebih dahulu. Karena proofing language itu adalah berupa file, dan tidak termasuk dalam bawaan master dari aplikasi Word tersebut. Jadi kalian harus cari dulu file tersebut. dan berikut ini cara untuk mendapatkan file tersebut. 

  1. Mengandalkan mesin pencari Google untuk kemudian mencari proofing language bahasa Indonesia, karena kalau untuk Inggris sudah ada. 
  2. Memilih situs yang resmi yakni dari Microsoft untuk download file proofing language tersebut, karena sudah pasti lebih aman.
  3. Download file proofing bahasa Indonesia yang benar, dan tunggu sampai proses download selesai. 

B. Install File Proofing Language Bahasa Indonesia 

Langkah yang kedua setelah download itu adalah kalian harus install dulu file proofing language tersebut supaya bisa terbaca. Jadi kalian tinggal dobel klik saja file yang sudah kalian download untuk memulai install. Itu membutuhkan waktu yang tidak lama, dan kemudian ini akan bisa jadi cara menghilangkan garis merah di Word. 

C. Masuk Word Setting

Setelah proses install sudah selesai, kalian buka aplikasi Word dan kemudian masuk ke Word Option dan masuk ke menu proofing. Perlu diingat ya kalau Word 2010 dan 2016 ke atas itu masuk ke Word Option sedikit berbeda ya. Nanti setelah sudah masuk ke Word Option kalian tinggal ubah proofing language ke bahasa Indonesia saja. 

Untuk Word 2016 ke atas, bisa langsung pilih toolbar review dan pilih language yang ada di toolbar review tersebut. Nanti akan ada pilihan set proofing language dan ganti ke bahasa Indonesia yang kalian pakai untuk menulis. Nanti akan ada banyak garis merah yang hilang kecuali kata baru yang tidak ada di paket proofing language itu. 

Apabila menggunakan cara ini, menurut pendapat kami memang ini adalah cara yang paling tepat dipergunakan untuk mengatasinya. Karena garis merah akan hilang, namun akan menjadi pengingat kalau kalian typo atau salah dalam tanda baca dalam tulisan kalian. Ini menjadi cara yang sangat efektif menghilangkan namun juga tetap kita mendapatkan manfaatnya. 

2. Menambahkan Kata Baru

Cara yang kedua adalah menambahkan kata baru, karena salah satu ada garis merah itu karena itu kata yang belum tercatat. Proofing language itu tidak selamanya sudah lengkap, ada kemungkinan ada kata-kata yang belum masuk pada Proofing tersebut. Jadi masih ada garis merah yang muncul pada saat kita melakukan penulisan tersebut.

Setelah proofing language yang ada di Word kalian sudah di set ke bahasa Indonesia, maka kalian akan bisa menggunakan cara menghilangkan garis merah di Word ini. Di bagian paling bawah di aplikasi Word akan ada tulisan bahasa yakni Indonesia, dan di sampingnya ada tulisan buku dan logo x. Kalian tinggal klik dan kemudian pilih tambahkan kata ke kamus dan garis merah sudah pasti akan hilang. 

3. Menggunakan Word Option Saja 

Cara terakhir yang bisa kita pilih adalah dengan setting Word Option supaya tidak melakukan pengecekan pada tulisan kita. Namun cara ini akan menghilangkan manfaat dari adanya garis merah yakni untuk mengetahui adanya kesalahan tertentu. Berikut ini cara untuk kita melakukan pengaturan pada Word Option ini.

libroediting.com
A. Masuk ke Word Option

Langkah pertama tentu saja masuk ke Word Option, kalian perlu cari tahu dulu saja cara untuk masuk ke Word Option.

B. Masuk Menu Proofing Language

Setelah sudah masuk ke menu Option dari Word, maka kalian masuk dulu ke bagian Proofing. Kalian pasti akan bisa menemukannya dengan mudah setelah sudah masuk Word Option. 

C. Hilangkan centang 

Nah setelah sudah masuk kalian hanya perlu menghilangkan beberapa centang yang ada pada menu proofing tersebut. Jadi kalian harus centang tulisan Check Spelling As You Type, nanti akan bisa menghilangkan garis merah tersebut. Lalu harus hilangkan centang di Mark Grammar Errors As You Type sebagai cara menghilangkan garis merah di Word.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah