Mengintip Peluang Usaha Menjanjikan di Tahun 2018

 Mamikos | Rab, 11 Apr 2018

Peluang Usaha – Di era modern ini, peluang usaha bagi Anda semakin terbuka luas di berbagai bidang. Hal ini dikarenakan perkembangan ekonomi negara kita yang juga semakin meningkat pesat. Namun, persaingan ketat dalam bidang usaha juga tentu ada. Oleh karena itu Anda pun dituntut untuk kreativ dan terus berinovasi sejak Anda memulai usaha dan menjalankannya.

Perkembangan teknologi yang cukup pesat juga ternyata mempunyai andil besar dalam munculnya beberapa peluang usaha baru. Peluang usaha online, peluang usaha makanan, peluang usaha di rumah, dan berbagai peluang usaha lainnya ternyata cukup mendominasi ketika Anda sedang mencari peluang usaha baru. Apakah Anda sedang kebingungan mencari pendapatan tambahan selain dari gaji bulanan Anda? Mungkin berbagai peluang usaha terbaru dan terlaris yang sedang marak dijalani oleh beberapa kalangan di tanah air kita bisa menjadi pilihan usaha Anda.

Peluang Usaha

  • Peluang Usaha Online

Apabila Anda sedang mencari peluang usaha dengan modal kecil, mungkin usaha online bisa menjadi pilihan utama Anda. Dulunya, usaha online memang kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Apalagi bagi mereka yang masih awam akan bisnis online dan jarang menggunakan internet. Namun, sekarang usaha online telah naik daun dan menjadi pilihan utama masyarakat ketika ingin berbelanja secara mudah dan praktis. Hingga saat ini terbukti banyak usaha online yang menguntungkan dan telah menjadi peluang usaha baru bagi negara kita.

Untuk menjalankan usaha online tanpa modal ini Anda hanya membutuhkan bekal ide bisnis online yang matang, laptop atau computer, koneksi internet, serta niat yang keras. Jika empat hal tersebut telah Anda miliki, maka Anda pun siap untuk menjalankan peluang usaha terbaru dan terlaris yakni bisnis online. Lalu kira-kira apa saja bisnis online terbaru yang bisa dengan mudah Anda jalankan baik dari rumah atau pun dimana saja Anda berada? Berikut ada daftarnya.

1. Dropship

Anda memiliki hobi berjualan, tetapi tidak memiliki modal untuk membeli stock barang untuk dijual? Mungkin sistem dropship bisa untuk Anda pilih sebagai usaha online Anda. Bisnis online terpercaya dengan sistem yang seperti ini memungkinkan Anda untuk menjual produk tanpa harus memiliki barangnya secara real. Biasanya sistem dropship banyak dijalankan oleh para remaja maupun dewasa yang ingin mencari uang tambahan.

Sistem dropship juga dianggap sebagai peluang bisnis rumahan terbaik bagi ibu rumah tangga yang tetap ingin bekerja dari rumah.

2. Reseller

Selain dropship, ada satu lagi jenis bisnis online terbaik yang bisa Anda jalankan mulai dari sekarang. Berbeda dengan sistem dropship, sistem reseller ini mengharuskan Anda untuk memiliki modal di awal. Karena berbanding terbalik dengan dropship, menjadi reseller mengharuskan Anda untuk memiliki stock di rumah. Anda bisa memulai bisnis online reseller produk, untuk produk yang ingin dijual juga bebas Anda pilih.

Beberapa diantaranya Anda bisa menjadi reseller baju, reseller sepatu, reseller celana, reseller tas, reseller kosmetik, dan masih banyak lagi. Anda bisa menjual produk-produk ini dengan bantuan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan sejenisnya. Disarankan agar Anda mencari referensi terlebih dahulu sebelum memilih ingin menjual produk apa. Dan carilah toko yang terpercaya, agar Anda pun terhindar dari penipuan.

3. Blogger Profesional

Peluang usaha online yang ketiga adalah menjadi seorang blogger profesional. Profesi yang satu ini kerap mudah dilakukan dan terbukti sudah menghasilkan pundi-pundi yang menggiurkan. Sudah banyak blogger-blogger master yang telah berhasil meraup ratusan juta rupiah dalam jangka waktu sebulan dengan hanya bermodalkan menjadi seorang blogger.

Anda bisa memanfaatkan sejumlah iklan PPA, PPC, Affiliate di blog Anda untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan, ada pula brand-brand besar yang meminta untuk di review di blog personal Anda dan Anda pun akan di bayar sesuai dengan kualitas situs itu sendiri. Jadi bagaimana? Cukup menggiurkan bukan?

4. Menerbitkan E-book atau Buku Asli

Sekarang untuk menjadi seorang penulis bukanlah sesuatu hal yang sulit. Jika dulunya Anda menulis sebuah e-book saja harus memikirkan desain cover, isi dan sebagainya. Kini, hal tersebut bisa Anda hidari dengan adanya bantuan dari beberapa situs website terkait. Apabila Anda merasa memiliki keahlian untuk menjajal bisnis online dengan menulis dan menerbitkan e-book atau pun buku. Berikut ada beberapa website yang bisa Anda manfaatkan untuk dapat mewujudkan mimpi Anda yakni nulisbuku dot com, dan kdp.amazon.com.

5. Menjadi Endoser / Selebgram

Seiring berjalannya waktu, kini media sosial Instagram tidak hanya dipergunakan sebagai wadah untuk membagikan momen-momen penting, tetapi sudah bertrasnformasi menjadi sebuah bisnis yang paling menjanjikan. Banyak orang yang tiba-tiba mengatur feed Instagramnya agar lebih enak dilihat oleh orang, dan menarik perhatian khalayak agar mau untuk mengikuti (follow) orang tersebut.

Orang seperti ini umunya disebut selebgram yang secara umum memiliki pengikut (follower) yang banyak. Followers ini lah yang nantinya digunakan sebagai lahan untuk mencari pundi-pundi, karena Anda bisa membuka jasa endorser (seperti mengiklankan suatu produk) dengan bayaran yang cukup tinggi. Menarik bukan?

  • Peluang Usaha Makanan

Ada banyak bisnis makanan yang menguntungkan yang dapat dijadikan sebagai ide untuk belajar berbisnis. Anda bisa memulainya dengan jualan makanan ringan yang menguntungkan, unik, dan banyak digemari oleh orang. Tak perlu khawatir soal modal, karena Anda pun tidak harus mengeluarkan modal yang besar untuk dapat memulai usaha makanan unik dan kreatif.

Bisnis makanan juga merupakan salah satu bisnis yang selalu berkembang dan tak pernah padam dari tahun ke tahunnya. Anda bisa melihat bahwa di setiap tahunnya selalu muncul berbagai jenis usaha makanan baru dan unik oleh para wirausahawan. Kebanyakan orang memilih untuk memulai usaha atau bisnis makanan ini dengan terjun langsung mendalami usahanya. Apa saja pilihan usahanya? Berikut ada beberapa pilihannya.

 

1. Makanan Jepang – Takoyaki

Makanan ringan dari negeri sakura yang satu ini memang sedang naik daun di kalangan bisnis makanan ringan unik. Untuk dapat memulai bisnis menjual Takoyaki, Anda bisa franchise dengan membayar biaya sekitar Rp3.000.000 di awal. Dengan membayar sejumlah tersebut, Anda pun sudah mulai berjualan dengan seluruh peralatan lengkap dan bahan yang diberikan oleh pihak terkait. Anda bisa menjual takoyaki dengan sereatif mungkin, misalnya saja mengganti isian di dalamnya menjadi sosis ataupun keju yang harganya jauh lebih ekonomis namun terdengar lebih unik.

2. Makanan Tradisional Bandung – Seblak

Berasal dari tanah Parahyangan, seblak sebenarnya merupakan kerupuk oranye yang direndam di dalam air hangat sehingga menjadi lunak, kemudian dimasak bersama campuran bumbu dan bahan-bahan lainnya sehingga menjadi santapan yang paling juara. Di Kota Bandung, bisnis Seblak bisa mencapai omset hingga 800.000 rupiah per satu pekan, jadi rata-rata per harinya bisa mencapai seratus ribu rupiah lebih. Seblak juga dapat Anda kembangkan menggunakan berbagai macam campuran lainnya yang membuat rasa seblak lebih unik seperti makaroni, telur, kerupuk kulit, dan sebagainya.

3. Bakso Bakar

Bisnis bakso bakar merupakan salah satu usaha makanan ringan serba 1000 yang dapat Anda pilih pula. Terkenal sebagai jajanan yang berasal dari kota Malang, bakso bakar kini juga sudah mulai ramai dijual oleh beberapa kalangan di seluruh Indonesia. Membuatnya juga tidak cukup sulit, hanya membutuhkan bakso halus, bumbu kecap, dan bumbu pedas saja. Untuk bisa memulai usaha makanan ringan serba 2000 ini, Anda tidak diharuskan mengeluarkan modal yang cukup besar. Dengan Rp2.000.000, Andasudah bisa mulai berjualan dengan omset mencapai 500.000 rupiah per hari.

4. Keripik Pedas

Tertarik menjalankan usaha makanan ringan kriuk? Mungkin Anda bisa mencoba untuk berjualan kripik pedas dengan harga pasaran Rp15.000-Rp25.000 per bungkusnya. Bisnis kripik pedas ini terbukti cukup menguntungkan bagi para pengusaha kecil dan menengah. Karena masyarakat Indonesia memang cenderung menyukai berbagai makanan ringan yang memiliki rasa pedas.

5. Cireng

Cireng sebetulnya adalah singkatan dari aci digoreng. Cireng sendiri dilengkapi dengan beragam macam isian mulai dari daging ayam, keju, hingga sosis. Sama seperti berbisni bakso bakar, bisnis cireng juga tidak akan memakan modal yang cukup banyak. Tak hanya itu saja, proses pembuatan cireng pun tergolong sangat mudah sehingga siapapun pasti mampu membuat cireng dan menjalankan bisnis ini. Kini Anda pun akan dengan mudah menemukan cireng instan yang dijual per kantongnya dengan harga sekitar Rp12.000 hingga Rp15.000 rupiah. Bisnis cireng kabarnya akan semakin berkembang di tahun 2018 ini.

Dengan tersedianya banyak peluang usaha yang dekat dengan sekitar atau lingkungan Anda, kini Anda sudah tidak memiliki alasan lagi bukan untuk menunda-nunda menjadi seorang wiraswasta atau pengusaha? Jadi tunggu apalagi? Segera temukan minat Anda di bidang usaha yang mana, gali ide tersebut, dan mulai jalani usaha tersebut.

Jangan sampai Anda didahului oleh yang lain! Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya, dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.