Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Ingin Menjatuhkan Kita

 karin | Rab, 25 Sep 2019

Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Ingin Menjatuhkan Kita – Saat bekerja di kantor, memiliki rekan kerja yang bisa bersikap sportif adalah impian setiap orang. Namun kenyataannya, pasti ada saja rekan kerja yang membuatmu stres dan pusing karena ulahnya yang tidak profesional. Selain itu, ada pula rekan kerja yang sepertinya ingin menjatuhkanmu di depan pegawai lain atau bahkan di depan bos. Lantas, bagaimana cara menghadapinya?

Cara Menghadapi Rekan Kerja Yang Ingin Menjatuhkan Kita Agar Masalah Tak Berlarut

1. Tak perlu bereaksi terlalu cepat

Saat rekan meniupkan rumor atau gosip yang tidak benar tentang kamu, baiknya kamu tidak langsung bereaksi dan marah-marah. Tenangkan dirimu dan kalau bisa tidak usah terlalu dipikirkan. Lebih baik fokus pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Selama yang kamu lakukan memang benar, maka kamu tidak perlu khawatir. Justru hasil kerjamu akan membuktikan pada manajemen kantor kalau kamu memang pekerja profesional dan dewasa dalam menghadapi masalah.

2. Bersikap profesional

Tetap lakukan tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kamu secara profesional. Jangan bersikap kekanak-kanakan, seperti menolak bekerja dalam tim dengannya. Tetaplah bersikap biasa dan jangan tunjukkan kalau kamu tidak bisa bekerja dengannya.

3. Hindari membalas dendam

Meskipun kamu sudah sangat kesal dan bete dengan rekan kerjamu ini, jangan sekali-kali kamu membalas dendam dengan gantian menjelek-jelekkan dirinya dan mengadu pada rekan kerja lain atau bos.

4. Meminta saran pada yang membencimu

Dia yang membencimu selalu saja mengkritik kerjamu bahkan saat di depan bos. Jika dia selalu merasa apa yang selama ini kamu kerjakan salah, cobalah minta pendapat dan sarannya untuk mengkoreksi apa saja yang salah dari tindakan yang kamu lakukan selama ini. Rekan kerja yang tulus, biasanya akan langsung memberitahukan tiap kesalahanmu dan memberi nasihat bagaimana memperbaikinya. Tapi, kalau dia mengkritik kerjamu hanya karena dia tidak suka padamu atau berniat untuk menjatuhkanmu, dia akan diam dan mungkin merasa malu karena tidak punya jawaban atas pertanyaanmu.

5. Tetaplah menjadi dirimu sendiri

Jangan bersandiwara tentang apapun. Jika memang kamu merasa kurang paham tentang pekerjaan yang diberikan padamu, bertanyalah. Yang penting kamu tidak berpura-pura bisa. Sebaliknya, jangan sombong saat kamu bisa meng-handle pekerjaan. Tunjukkan bahwa kamu memiliki jiwa loyalitas yang tinggi dan bisa bersikap profesional.

Masing-masing orang tumbuh dengan didikan serta pengalaman yang berbeda-beda. Ini yang menciptakan beragam karakter dari individu-individu. Ada yang dewasa, kekanak-kanakan, kompetitif, rajin, pemarah, pendendam, rendah hati, baik, dan lain sebagainya. Sebagaimana lingkungan pada umumnya, tempat kerja juga diisi oleh bermacam-macam orang seperti itu. Untuk itu, agar bisa tetap bertahan, kita harus bisa menghadapinya dengan kepala dingin bila terlibat masalah agar tak memperkeruh suasana.