4 Contoh CV Tulis Tangan yang Jelas dan Menarik

Posted in: Karyawan

4 contoh CV tulis tangan yang jelas dan menarik – Ketika mengikuti suatu kegiatan, terkadang seseorang akan diminta menyerahkan Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup. Begitu pula saat melamar pekerjaan. Pelamar juga diminta menyerahkan CV serta berkas-berkas penunjang lainnya. Meskipun sudah ada fasilitas CV yang diketik, tidak jarang masih ada yang membutuhkan CV tulisan tangan.

Contoh-Contoh CV Menarik yang Ditulis Tangan

na-kim.tumblr.com/

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup menjadi dokumen penting yang bisa digunakan untuk menunjukkan gambaran diri seseorang beserta pencapaian-pencapaiannya. Format daftar riwayat hidup bisa berbeda antara satu instansi dengan instansi yang lain. Namun, secara umum pada CV terdapat identitas lengkap data diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, pengalaman penunjang lainnya, kemampuan, organisasi, dan data pendukung lainnya.

Proses pembuatan CV sebenarnya tidak sulit, apalagi saat ini sudah banyak aplikasi pembuat CV online yang bisa langsung diunduh. Asalkan kamu sudah mempunyai data-data untuk mengisi CV, proses pembuatannya pun akan semakin cepat. Saran Mamikos, sebelum kamu membuat CV, buatlah draft atau garis besar data yang akan dituliskan agar prosesnya semakin cepat. Tentu bukan masalah besar jika kamu diminta menyerahkan CV dengan format jpg atau pdf. Namun, bagaimana jika ternyata yang diminta adalah CV tulisan tangan?

Hal Penting dalam Membuat CV yang Ditulis Tangan

Pembuatan CV tulisan tangan tidak jauh berbeda dengan CV lainnya. Kamu hanya perlu menuliskan data-data yang diperlukan di atas selembar kertas. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat CV tulisan tangan.

1. Perhatikan Ketentuan Pembuatan CV

Pembuatan CV yang ditulis tangan bisa saja berbeda karena menggunakan jenis atau ukuran kertas tertentu. Apabila diminta untuk menulis CV di atas kertas folio bergaris, kamu tidak boleh membuat CV di atas kertas HVS. Sebab, kesalahan pembuatan tersebut bisa mengakibatkan kamu tidak lolos seleksi berkas hingga mendapatkan penilaian negatif.

2. Buat CV dengan Rapi

Membuat CV di atas kertas HVS tanpa garis akan menyulitkan sebagian orang. Alhasil, hasil CV menjadi kurang bagus karena tulisan yang naik turun dan tidak rapi. Untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat garis tipis menggunakan pensil, kemudian menghapusnya kembali setelah semua data CV ditulis. Cara ini memang agak repot dan berpotensi membuat kertas menjadi kusut karena terlalu banyak dihapus. Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menaruh kertas bergaris pada bagian belakang kertas HVS, sehingga garisnya terlihat. Nantinya, kamu tinggal menulis mengikuti alur garis tersebut agar tulisan menjadi rapi.

3. Hindari Menggunakan Tipe-X

Kesalahan penulisan CV terkadang tidak dapat dihindari. Namun, sebisa mungkin kamu perlu meminimalisir kesalahan tersebut dengan membuat draft CV sebelum menuliskannya pada kertas yang sebenarnya. Apabila ada kesalahan yang tidak bisa dihapus, gunakan tipe-X secara rapi. Tunggu sampai kering sebelum ditimpa tulisan kembali. Sayangnya, cara ini tidak dapat diterapkan pada semua CV. Sebab, ada pula aturan CV yang tidak boleh mengandung tipe-X atau bekas penghapus lainnya. Jika sudah begini, kamu perlu lebih berhati-hati ketika menulis agar tidak ada kesalahan satu pun.

4. Periksa Tata Bahasa

Seseorang bisa menilai orang lain dari CV yang dibuatnya. Selain perlu mencantumkan data-data penting untuk CV, jangan lupa pula memeriksa kembali ejaan dan tata bahasa yang digunakan di CV. Jangan sampai pembaca CV mengalami salah tafsir dan bingung dengan maksud CV yang kamu tulis.

5. Gunakan Pulpen Berwarna Gelap

CV tulisan tangan yang baik biasanya ditulis dengan pulpen berwarna hitam meskipun ada pula yang mengizinkan penulisan CV dengan pulpen biru. Sangat tidak disarankan menulis CV dengan pulpen merah karena akan dianggap tidak sopan. Sebelum memulai penulisan CV, periksa tinta pulpen agar tinta tidak habis di tengah-tengah dan membuatmu harus menggunakan pena lain sebagai pengganti. Tentu tidak masalah apabila pulpen yang digunakan jenis dan merknya sama. Namun, jika pulpen tersebut berbeda, CV-mu akan terlihat tidak rapi dan terkesan kurang profesional.

6. Lampirkan Data yang Diperlukan

Syarat untuk mengikuti suatu kegiatan tidak hanya menyerahkan CV saja. Biasanya terdapat syarat tambahan berupa lampiran dokumen tertentu. Jangan lupa untuk melampirkannya, ya!

Contoh-Contoh CV Tulisan Tangan yang Baik

Setelah memahami hal-hal penting di atas, mulailah dengan membuat CV tulisan tangan yang jelas dan menarik seperti contoh di bawah ini. Terdapat contoh daftar riwayat hidup tulis tangan di kertas folio dan kertas HVS untuk berbagai keperluan.

1. Contoh CV Tulis Tangan dengan Pengalaman Kerja

https://humorbendol.com/

Sudah memiliki pengalaman kerja? Format CV berikut bisa kamu gunakan. CV yang ditulis di atas kertas folio membuat penulisan terlihat lebih rapi. Maksimalkan bagian yang masih kosong untuk mencantumkan prestasi atau hal-hal penunjang lainnya.

2. Contoh CV Tulis Tangan Bahasa Inggris

pinterest.com

Bingung dengan CV tulis tangan yang berbahasa Inggris? Format berikut bisa kamu gunakan. Selain perlu mencantumkan data diri secara lengkap, kamu juga bisa menambahkan informasi “profil” yang menggambarkan dirimu secara umum. Bagian ini memang tidak wajib dan cenderung tidak ditulis pada CV. Namun, tidak ada salahnya jika kamu sudah mengenali potensi diri dan ingin menuliskannya pada bagian CV.

3. Contoh Template CV Tulisan Tangan Menarik

https://www.cvtemplatemaster.com/

Bagi kamu yang baru pertama kali membuat CV tulisan tangan dan bingung dengan informasi di dalamnya, format CV menarik berikut bisa menjadi gambaran. Pada bagian paling atas, cantumkan nama lengkap, nomor telepon aktif, alamat, dan email yang dapat dihubungi. Bagian “summary” bisa diisi kalimat deskripsi diri singkat. Nantinya, bagian utama CV bisa kamu isi dengan pengalaman kerja, kualifikasi, dan kemampuan penunjang.

4. Contoh CV Tulisan Tangan Kreatif

https://na-kim.tumblr.com/

Ingin berkreasi dengan CV tapi bingung ketika harus ditulis tangan? Bagi kamu yang bekerja di industri kreatif, contoh CV lamaran kerja digital pastinya membuatmu ingin membuatnya. Namun, ketika diminta menyerahkan CV tulisan tangan, kreativitas membuat CV menjadi hilang. Kamu tidak tidak perlu khawatir karena contoh CV berikut bisa kamu gunakan yang tentunya perlu kamu sesuaikan kebutuhan.

Demikian informasi 4 contoh CV tulis tangan yang jelas dan menarik yang bisa kamu terapkan. Untuk membuat contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar diperlukan latihan berkali-kali agar sempurna. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan pembuatan CV dengan keperluan masing-masing. Ketika kamu ingin mencari pekerjaan bagi lulusan SMK, contoh CV tulis tangan lulusan SMK akan lebih membantu dibandingkan format CV untuk lulusan doktoral. Banyaknya referensi contoh CV tulis tangan bisa kamu modifikasi agar mendapatkan CV terbaik. Setelah menyelesaikan pembuatan CV, tanyakan pada orang lain atau rekan profesional untuk mendapatkan masukan. Selamat membuat CV!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah