Contoh Lengkap 5 Soal Psikotes Serta Jawabanya

 Posted on Kamis, September 19th, 2019  Posted in Edukasi  karin

Contoh Lengkap 5 Soal Psikotes Serta Jawabanya – Tes psikologi atau psikotes adalah tes yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis adalah Psikometrik. Dengan sampel perilaku, lantas dilakukan pengamatan dari individu yang dites,  dan kemudian akan diketahui hasilnya, yang hasil tersebut lantas dijadikan nilai pada ujian. Psikotes sering digunakan di ujian masuk perguruan tinggi, ataupun juga saat melamar pekerjaan.

Contoh Lengkap 5 Soal Psikotes Serta Jawabanya, Bisa Untuk Kamu Belajar

 

1. Tes Logika Aritmatika / Soal Deret Matematika

Contoh soal tes logika aritmatika/deret matematika:

Jika 16, 8, 4, 2, 1, 1/2, x, y
Maka Jawabannya untuk x dan y adalah?

Perhatikan angka pertama dan kedua, bisa pengurangan 8 atau hasil dari setengah angka pertama (x 1/2). Lihat angka kedua dan ketiga. Jika pengurangan 8, seharusnya angka ketiga adalah 0, sedangkan di soal adalah 4. Berarti memang dibagi setengah.
Maka x adalah 1/2 x 1/2 = 1/4
dan y adalah 1/4 x 1/2 = 1/8

2. Tes Analog Verbal

Contoh soal psikotes analog verbal:

bonsai >< … (tanda >< adalah anonim/lawan sehingga jika dijadikan kalimat akan menjadi “lawan kata bonsai adalah?)
a. cantik
b. seram
c. tampan
d. kecil
e. besar

Pola menjawabnya adalah:
bonsai identik dengan “kecil”
Sehingga lawan kata atau antonim dari kecil adalah e. besar

3. Tes Logika Penalaran/Soal Deret Gambar

Untuk tes ini biasanya terdiri dari deret gambar 2 atau 3 dimensi. Tujuannya sama dengan deret angka namun bedanya hanya menggunakan gambar saja. Tipsnya yaitu, konsentrasi, perhatikan bentuk, dan warna pada gambar. Kamu wajib berhati-hati sebab kadang ada gambar yang bentuknya sama, tapi warnanya full, atau cuma diarsir dan ada pula yang polos tak berwarna.

4. Test Pauli atau Kraepelin

Tes Pauli/Kraepelin ini menyajikan banyak angka yang disusun secara vertikal dalam bentuk berkolom-kolom. Cara mengerjakannya sangat sederhana, kamu hanya disuruh menjumlahkan dua angka yang saling berdekatan dari atas ke bawah. Lalu, hasil penjumlahan dua angka tersebut ditulis di samping di antara kedua angka tersebut. Tujuan tes ini ialah untuk melihat ketahanan sikap terhadap tekanan, konsistensi, kecepatan dan ketelitian, serta kemampuan beradaptasi seseorang.

5. Tes WARTEGG

Tes WARTEGG adalah salah satu contoh tes psikotes/psikometri yang sering muncul ketika pelaksanaan seleksi pegawai baru di suatu perusahaan. Dengan canggihnya teknologi sekarang makin banyak orang yang mencari referensi cara mengerjakan tes WARTEGG dengan tepat.

Dalam tes WARTEGG, kamu umumnya akan diberikan delapan kotak berisi gambar yang belum selesai, seperti gambar di bawah ini:

Kemudian perintahnya ialah kamu diminta untuk melanjutkan gambar-gambar yang belum jadi tersebut sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Setelah selesai mengerjakan tes tersebut maka berilah nomor urut pada gambar yang mana lebih dulu selesai dikerjakan, gambar tersulit, termudah, yang paling disukai serta yang paling tidak disukai.

Klik dan dapatkan lowongan kerja idamanmu:

Contoh Lengkap 5 Soal Psikotes Serta Jawabanya

Contoh Lengkap 5 Soal Psikotes Serta Jawabanya