11 Obat Sakit Maag Alami yang Mudah Didapatkan

11 Obat Sakit Maag Alami yang Mudah Didapatkan– Di tengah musim yang sering berubah-ubah seperti ini, banyak hal yang bisa mempengaruhi kesehatan kita. Apalagi bagi kamu yang memiliki keluhan maag atau paling tidak bisa terlambat makan. Oleh karena itu, Mamikos pun membuatkan artikel berisi 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan ini untuk kamu apabila tidak ingin meminum obat apotek. Jadi 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan ini bisa jadi salah satu referensi kamu.

Daftar Obat Sakit Maag Alami yang Mudah Didapatkan

Gambar oleh Anastasia Gepp dari Pixabay

Di bawah ini Mamikos sudah rangkum dengan apik dan rapi apa saja rangkaian 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan tersebut. Agar apabila kamu memerlukannya, kamu tahu harus mencari apa. Sebab Mamikos jamin bahwa 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan ini dekat dengan keseharianmu bahkan mungkin bisa kamu temukan di dapur kamu. Tidak percaya? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya.

Deretan Obat Sakit Maag Alami Rekomendasi Mamikos

1. Madu dan Lemon

Dalam rangkaian 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan yang pertama Mamikos rekomendasikan ialah madu dan lemon. Mengapa? Sebab madu memiliki kandungan alami yang secara otomatis dapat membunuh bakteri jahat. Selain itu madu juga bersifat anti-inflamasi, dan kaya akan antioksidan. Sementara lemon mampu untuk melindungi lambung.

Photo by Arwin Neil Baichoo on Unsplash

Apabila kamu mencampurkan dengan air dan sesuai dosis yang dianjurkan, lemon dapat menyeimbangkan kandungan asam klorida pada lapisan lambung yang dapat menyebabkan luka atau peradangan dengan memicu produksi mukus. Jadi apa yang bisa Mamikos sarankan?

Kamu bisa mengawali hari dengan membuat ramuan honey lemon shot dan mengkonsumsinya setiap pagi saat perut kamu dalam keadaan kosong.

Untuk dosisnya kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan madu, 1 sendok teh air lemon, dan siram dengan air hangat sekitar 200 ml. Apabila kamu rutin meminum honey lemon shot ini, kamu akan merasakan perbedaan pada lambung dan juga metabolisme badan tubuh kamu secara keseluruhan. Coba lah sekarang.

2. Bawang putih

Rekomendasi 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan berikutnya pasti kamu miliki di dapur kamu sekarang. Ya, ekstrak bawang putih telah terbukti mampu menghambat pertumbuhan H. pylori dalam uji laboratorium, hewan, dan manusia. Bawang putih juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri, yang membuatnya membantu dalam memerangi infeksi.

Photo by Michele Blackwell on Unsplash

Selain itu, salah satu studi skala kecil pada tahun 2015 menunjukkan bahwa makan dua siung bawang putih atau mencampurkannya pada makanan, dan mengkonsumsinya dua kali sehari, dapat memiliki efek anti-bakteri terhadap H. pylori. Tetapi kalau kamu tidak menyukai rasa bawang putih, maka kamu bisa mengkonsumsi ekstrak bawang putih dalam bentuk suplemen.

3. Sari Lidah Buaya

Pada tahun belakangan, lidah buaya seolah menjadi ramuan kecantikan yang sangat diminati banyak orang. Nyatanya, selain sangat bermanfaat untuk skin care, ternyata cairan lidah buaya juga manjur untuk mengobati maag. Sebab kandungan lidah buaya dapat meredakan iritasi di lambung, pembengkakkan lapisan lambung, dan juga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Luar biasa juga bukan manfaat lidah buaya ini.

https://verrugasgenitalesvph.com/

Untuk saran penyajian jus lidah buaya adalah kamu perlu mencampurkan 2 sendok teh gel lidah buaya segar (langsung dari tanamannya; kamu bisa menemukan di supermarket atau pasar tradisional) dengan satu gelas air putih. Obat maag alami dari tumbuhan ini dapat diminum dalam dosis 1-2 gelas setiap harinya. Meminum air sari lidah buaya juga dapat membuat perut kamu menjadi adem dan sejuk.

4. Air Rebusan Kunyit

Apabila kamu gemar mengkonsumsi jamu, kamu pasti akrab dengan minuman kunyit ini. Ya, kunyit mengandung curcumin, yang adalah kandungan anti inflamasi, anti jamur, dan antibakterial. Kandungan tersebut dapat menenangkan mukosa pada lambung dan mengatasi iritasi saluran pencernaan yang disebabkan oleh maag.

quora.com

Selain bisa kamu konsumsi dalam bentuk olahan jamu, kunyit juga bisa kamu campurkan sebagai minuman di rumah. Caranya campurlah satu sendok teh bubuk kunyit dengan air. Untuk mendapat hasil yang maksimal, konsumsi air kunyit setiap hari atau setidaknya satu kali setiap dua hari. Rasakan perut kamu menjadi lebih sejuk.

5. Minyak zaitun

Siapa sangka, bahwa sebuah studi menunjukkan bahwa minyak zaitun mampu untuk membantu mencegah dan mengobati infeksi H. pylori, yang bertanggung jawab atas jutaan kasus masalah lambung. Tes laboratorium awal juga telah menunjukkan senyawa antioksidan yang ditemukan dalam minyak zaitun murni efektif melawan beberapa jenis bakteri H. pylori, yang menginfeksi lapisan perut.

Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Apabila kamu sering memasak menggunakan minyak zaitun extra virgin, kamu bisa merasakan manfaatnya sebab minyak zaitun extra virgin tersebut dapat membantu mengobati masalah lambung. Bahkan menurut Science Daily, minyak zaitun extra virgin mengandung fenol, senyawa yang bertahan di perut untuk waktu yang lama. Senyawa ini dapat bertindak sebagai agen anti-bakteri yang mencegah bakteri H. pylori menyebarkan dan menginfeksi lapisan perut.

6. Jahe

Siapa yang tidak tahu bahwa jahe bisa dijadikan salah satu obat herbal untuk mengatasi maag. Sebab jahe memiliki kemampuan dalam mengurangi produksi asam lambung secara alami. Secara spesifik, jahe memiliki efek gastroprotektif yang bisa menurunkan jumlah asam dan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori.

Helicobacter pylori merupakan jenis bakteri perut yang biasanya hidup dalam kondisi asam. Kehadiran bakteri ini sebenarnya tidak berbahaya apabila jumlahnya terkendali. Akan tetapi apabila bakteri tersebut berkembang biak dengan subur dan tidak terkendali, ini bisa menjadi buruk sebab maag timbul dari bakteri tadi. Selain itu juga bisa muncul efek lain yakni infeksi pada lapisan lambung.

Gambar oleh Diese lizenzfreien Fotos darfst du zwar verwenden dari Pixabay

Jadi untuk memulihkan gejala maag akibat infeksi, kamu bisa mengolah jahe menjadi teh sebagai obat herbal. Proses pembuatannya juga tidak sulit dan pasti bisa kamu lakukan di rumah atau kost kamu. Yaitu dengan cara merebus satu atau dua potongan jahe bersama air secukupnya.

Setelah matang dan tercium bau jahe yang khas, kamu bisa beri tambahan madu, gula stevia, atau air perasan lemon sesuai selera sebagai perasa. Minum secangkir teh jahe sekitar 20 menit atau lebih sebelum makan untuk membantu menenangkan maag, serta menurunkan asam lambung kamu.

Selain itu ada pilihan olahan jahe lainnya yang bisa kamu konsumsi sebagai obat maag alami adalah dengan mengisap permen jahe. Namun, ada baiknya untuk tetap membatasi konsumsi jahe sesuai kebutuhan saja. Jangan lebih dari 3-4 gram per hari. Sebab alih-alih mengobati, mengkonsumsi jahe dalam jumlah banyak malah bisa memperburuk kondisi kamu. Kamu mungkin akan merasakan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan atau nyeri dada. Jadi sebaiknya dihindari mengkonsumsi secara berlebihan, ya.

7. Licorice

Licorice merupakan akar Glycyrrhiza glabra, juga dikenal sebagai akar manis atau liquorice. Ada banyak manfaat yang terkandung dalam tanaman licorice ini, salah satu yang terbukti efektif adalah sebagai obat maag alami. Mengapa begitu? Sebab licorice dapat menebalkan lapisan mukosa pada esofagus atau kerongkongan. Dengan begitu, dapat membantu kerongkongan untuk menahan efek iritasi dari kenaikan asam lambung yang kerap dialami penderita maag.

Gambar oleh gate74 dari Pixabay

Tidak hanya itu saja. Akar licorice juga mengandung zat khusus yang bisa membantu meredakan peradangan di saluran pencernaan dan tukak lambung. Kedua hal tersebut yang tak jarang juga bisa menjadi pemicu munculnya maag. Supaya keluhan maag kamu cepat membaik, maka kamu bisa coba minum teh yang diolah dari akar licorice selama beberapa kali dalam sehari.

Tapi saran Mamikos, kamu harus tetap memperhatikan jumlah konsumsinya agar tidak terlalu banyak. Batas aman untuk mengkonsumsi akar licorice sebaiknya tidak lebih dari 2,5 gram per hari. Kemudian sebaiknya kamu mengkonsumsi seduhan akar licorice bersama air tersebut sekitar 30 menit sebelum makan, atau 60 menit setelah makan.

8. Air Kelapa

Berikutnya dari rangkaian 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan, ada air kelapa yang juga cocok kamu pilih sebagai obat sakit maag alami. Baik air kelapa hijau atau minyak kelapa, sama-sama dipercaya efektif untuk menyembuhkan maag. Air kelapa memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi rasa panas dan melindungi lapisan lambung ketika maag sedang kambuh.

Gambar oleh moho01 dari Pixabay

Sementara untuk minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres pada lapisan lambung karena maag. Jadi kamu bisa mengkonsumsi air kelapa setiap hari. Selain menyegarkan dan sehat, peradangan karena maag juga akan sembuh secara perlahan. Kemudian untuk minyak kelapa, Mamikos sarankan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 sendok teh setiap harinya—bisa secara langsung atau dengan dicampurkan ke makanan yang hendak kamu konsumsi.

9. Nanas

Buah nanas juga dikenal sebagai buah yang asam, tetapi jika sudah benar-benar matang, buah ini justru bisa mengobati maag kamu secara alami lho. Sebab ada kandungan enzim pencernaan dalam nanas yang dapat membantu proses pencernaan protein tanpa membuat iritasi, dan sifatnya yang basa dapat mencegah peningkatan asam dalam lambung.

Gambar oleh Security dari Pixabay

Selain itu kamu bisa mengkonsumsi nanas setiap hari. Baik secara langsung ataupun dijadikan jus. Kamu bisa mencampur dengan makanan lain yang baik untuk maag seperti yogurt dan madu. Perlu diingat juga bahwa untuk penderita maag, nanas yang dikonsumsi harus yang sudah benar-benar matang.

10. Teh chamomile

Bisa jadi kamu belum terlalu akrab dengan teh satu ini. Atau mungkin kamu lebih kenal chamomile sebagai nama bunga. Memang tidak salah. Sebab chamomile adalah bunga berukuran kecil dari keluarga Asteraceae dengan warna kuning dan putihnya yang khas. Fakta menariknya, bunga chamomile selain dapat kamu jadikan penghias ruangan,bunga ini juga bisa diolah menjadi teh.

Gambar oleh congerdesign dari Pixabay

Caranya bunga chamomile harus dikeringkan dahulu. Kemudian kamu bisa mengolahnya menjadi secangkir teh. Teh bunga chamomile bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat alami untuk mengobati maag. Selain itu secangkir teh chamomile juga dipercaya mampu membuat kamu cepat tidur.

Obat herbal maag ini pun bisa turut mengurangi jumlah asam lambung di saluran pencernaan, sehingga meringankan membantu meringankan keluhan maag. Saran Mamikos, sebelum kamu tidur, kamu bisa mencoba menenangkan lambung dengan meminum secangkir teh chamomile ini.

Namun perhatian! Apabila kamu sedang rutin minum obat pengencer darah, sebaiknya kamu mengkonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum minum teh chamomile ini. Sebab chamomile mengandung bahan antikoagulan. Saat diminum bersamaan dengan obat pengencer darah, dikhawatirkan dapat berisiko menimbulkan pendarahan. Jadi kamu bisa konsultasikan pada dokter kamu dulu.

11. Memperbanyak Makanan Berserat

Gambar oleh Shutterbug75 dari Pixabay

Saran terakhir Mamikos dari 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan adalah memperbanyak konsumsi makanan kaya serat. Sebab dengan pola makan yang kaya akan serat dapat secara otomatis membantu menyembuhkan maag. Serat mampu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko mengembangkan maag di masa depan. Serat juga dapat membantu mencegah radang lambung berkembang
Beberapa contoh makanan yang mengandung serat dalam jumlah yang sehat diantaranya adalah raspberry, apel, pir, stroberi, artichoke, kacang polong, kacang kering yang dimasak, lobak, barley, gandum utuh, dan beras merah.

Itulah tadi ulasan lengkap Mamikos mengenai 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan yang bisa disampaikan. Semoga dengan adanya informasi 11 obat sakit maag alami yang mudah didapatkan tersebut, kamu bisa mengurangi bahkan menyembuhkan maag kamu. Jaga juga pola hidup, pola tidur dan pola makan kamu agar maag kamu segera sembuh. Semoga dapat membantu.  Untuk mendapatkan informasi hunian, kamu bisa mengakses aplikasi cari kost Mamikos sekarang. Aplikasinya bisa kamu unduh di appstore dan playstore secara gratis sekarang.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah