Waspada! Gejala Ringan Corona Covid-19 Yang Jarang Disadari

 Bella Carla | Jum, 27 Mar 2020

Corona Covid-19 – Penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Setiap harinya pemerintah mengumumkan pertambahan drastis angka penderita yang sudah positif terinfeksi Covid-19 ini. Tidak hanya jumlah kasus di Indonesia yang mengalami peningkatan, kasus virus Corona di dunia pun juga mengalami penambahan kasus. Ada banyak penderita yang secara tidak sadar sudah positif terinfeksi Covid-19 dikarenakan gejala yang mereka rasakan hanya seperti flu biasa. Agar dapat cepat tanggap tentang Covid-19, berikut Mamikos rangkumkan daftar gejala ringan Covid-19 yang perlu diwaspadai.

Jarang Disadari, Berikut Gejala-Gejala Ringan Corona Covid-19 Yang Patut Diwaspadai

Corona Covid-19
img.jakpost.net

Hampir genap tiga bulan virus Corona (Covid-19) menyebar di dunia. Penyebaran Covid-19 yang masif wajib masyarakat waspadai. Salah satu caranya adalah dengan tidak menyepelekan atau meremehkan gejala ringan dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menegaskan, daftar utama gejala akut pada saat ini cukup singkat dan bisa muncul di mana saja, mulai hari kedua hingga 14 hari setelah terpapar Covid-19. Nah, berikut 8 gejala ringan Covid-19 yang sebaiknya kamu abaikan.

1. Demam

image-cdn.medkomtek.com

Demam menjadi gejala utama yang sebagian besar dirasakan orang yang terinfeksi virus Corona (Covid-19). Para ahli mengungkapkan, ada banyak kesalahpahaman tentang demam. Suhu harian tubuh kita rata-rata adalah 37 derajat Celsisus, namun kita semua pun akan mengalami naik-turun suhu pada siang hari. Jika kamu memiliki suhu badan 37,2 hingga 37,5 derajat Celsius, maka itu bukan demam. Jika kamu ingin mengukur suhu tubuh kamu, disarankan untuk tidak mengandalkan hasil suhu yang diambil pada pagi hari. Ada baiknya kamu mengecek suhu tubuh di sore hari karena salah satu gejala demam yang umum adalah terjadinya peningkatan suhu pada sore hari. Dan, pada saat itulah virus menunjukkan gejala demam.

2. Batuk

honestdocs.id

Selain demam, batuk juga menjadi salah satu gejala ringan Covid-19 yang tidak boleh diabaikan. Namun, kamu pun harus jeli karena batuk pada orang yang terinfeksi virus Corona (Covid-19) berbeda dengan batuk biasa. Batuk kering akibat terinfeksi Covid-19 akan membuat kamu merasakan nyeri di dada. Tak hanya itu saja, batuk pada orang terinfeksi Covid-19 biasanya juga terasa seperti sesuatu yang baru dirasakan. Artinya, bukan batuk seperti yang biasa dirasakan, misalnya karena seseorang terbiasa merokok kemudian sering batuk, dan sebagainya.

3. Sulit Bernapas

image-cdn.medkomtek.com

Gejala ringan ketiga yang dirasakan oleh orang yang terinfeksi virus Corona (Covid-19) adalah merasakan kesulitan bernapas. Gejala yang satu ini biasanya bisa terjadi dengan sendirinya tanpa disertai batuk. Jika kamu merasakan dada kamu seperti menjadi ketat atau merasa seolah-olah tidak bisa bernapas cukup dalam untuk mendapatkan napas yang baik, itu pertanda kamu harus segera mendapatkan tindakan yang serius. Selain kesulitan bernapas atau sesak napas, CDC juga mencantumkan tanda-tanda peringatan darurat untuk Covid-19 yakni merasakan rasa sakit di dada terus-menerus. CDC juga menambahkan bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 memiliki bibir atau wajah berwarna kebiru-biruan yang menunjukkan orang tersebut kekurangan oksigen dan kebingungan mental mendadak.

4. Sakit Perut dan Diare

honestdocs.id

Sakit perut atau masalah pencernaan sering dikaitkan dengan bakteri atau mengalami salah makan. Tetapi, itu juga bisa menandakan kamu sudah terinfeksi virus Corona (Covid-19). Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology menunjukkan orang mungkin mengalami masalah pencernaan, seperti diare, ketika mereka terinfeksi virus corona. Para peneliti menganalisis data dari 204 pasien Covid-19 di Provinsi Hubei China dan mereka menemukan bahwa 48,5 persen pasien ini tiba di rumah sakit dengan gejala pencernaan seperti diare, muntah, atau sakit perut.

5. Kelelahan Fisik

4.bp.blogspot.com

Tak hanya merasakan kebingungan mental secara mendadak, kelelahan fisik pun juga bisa menandakan kamu sudah terinfeksi virus Corona (Covid-19). Menurut sebuah laporan dalam Journal of American Medical Association, hingga 44 persen dari mereka yang dirawat di rumah sakit karena positif Covid-19 baru melaporkan mengalami kelelahan ekstrem.

6. Sakit Kepala dan Flu

blogs.insanmedika.co.id

Selanjutnya, kebanyakan orang yang terinfeksi virus Corona (Covid-19) juga merasakan gejala awal yang meyerupai flu, termasuk sakit kepala, masalah pencernaan, sakit tubuh, dan kelelahan. Terlepas dari semua itu gejala-gejala lain yang bisa menyerupai pilek atau alergi yang muncul, seperti pilek, sakit tenggorokan, dan bersin. Para ahli mengungkapkan, jika kamu hanya merasakan gejala awal seperti demam dan batuk maka kamu hanya terserang flu. Namun, jika muncul gejala sesak napas yang tidak kunjung membaik selama seminggu atau justru kondisi tersebut semakin memburuk maka kemungkinan kamu terinfeksi Covid-19.

7. Kehilangan nafsu makan

image-cdn.medkomtek.com

Pada tingkat yang berbeda-beda, orang yang terinfeksi virus Corona (Covid-19) mengeluh merasakan kehilangan nafsu makan. Namun, ini tidak terjadi pada semua penderita. Jika kamu mulai merasakan kehilangan nafsu makan dalam waktu beberapa hari terakhir dengan disertai gejala lainnya, ada baiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter atau puskesmas terdekat.

8. Kehilangan Indra Perasa dan Penciuman

image-cdn.medkomtek.com

Selama beberapa minggu terakhir, Asosiasi Inggris Otorhinolaryngology sudah memperingatkan bahwa kehilangan indra penciuman dan indra perasa bisa mengarah kamu terinfeksi virus Corona (Covid-19). Dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) di seluruh dunia juga sudah merekomendasikan bahwa jika kamu memiliki gejala seperti itu dianjurkan agar segera mengisolasi diri. Munculnya gejala kehilangan indra perasa dan penciuman ini disebabkan oleh sel-sel pembunuh Covid-19 yang hinggap di hidung dan tenggorokan kamu.

Hingga hari ini, belum ada vaksin yang dapat mencegah infeksi virus Corona (Covid-19). Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan kamu terinfeksi virus ini, yaitu:

  • Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung (social distancing)
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan
  • Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya
  • Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan

Oke, semoga info seputar gejala-gejala ringan virus Corona (Covid-19) yang jarang disadari tadi bisa menjadi panduan untuk kamu ya. Ingat, Covid-19 ini dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Untuk itu selalu jaga kebersihan dan imunitas tubuh kamu ya! Oh iya, buat kamu yang berencana ingin merantau ke luar kota untuk menempuh pendidikan, maka jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel kamu ya! Di aplikasi Mamikos kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah yang bisa menjadi tempat tinggal kamu nantinya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: