Pendaftaran Ulang UM-PTKIN 2018/2019

 Mamikos | Sen, 25 Jun 2018

Pendaftaran Ulang UM-PTKIN – Setelah beberapa saat lalu kamu merasa deg-degan menunggu hasil pengumuman UM-PTKIN 2018, kini saat mendebarkan tersebut telah terlewatkan. Bagaimana hasil ujian UM-PTKIN 2018 kamu kemarin? Mamikos berharap hasilnya memuaskan ya! Untuk kalian yang berhasil lulus menjadi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan harus merantau, Mamikos ucapkan selamat!

Jangan lupa bersyukur kepada Allah Yang Maha Esa karena telah mengijinkan kalian untuk bisa mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan di tempat yang kalian inginkan.

Dan jangan takut pula untuk merantau karena sudah tersedia banyak kost Jogja murah, kost Malang murah, serta kost Jakarta murah yang siap menjadi hunian kalian.

UM-PTKIN sendiri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN nantinya akan dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi. Perlu kamu ketahui sebelumnya bahwa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) adalah perguruan tinggi di Indonesia yang pengelolaannya berada di bawah Kementerian Agama.

Secara teknis akademik, pembinaan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti), sedangkan secara fungsional dilakukan oleh Kementerian Agama.

Hingga sekarang ini di Indonesia terdapat 3 jenis Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), yakni Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Nah, berhubung kelulusan UM-PTKIN 2018 sudah diumumkan, kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkait pendaftaran ulang di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang telah menerima kalian, baik itu di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Untuk lebih mudahnya lagi dalam melakukan pendaftaran ulang di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang telah menerima kamu, langsung simak saja informasi lebih lengkapnya dibawah ini ya.

Pendaftaran Ulang UM-PTKIN 2018

Pendaftaran Ulang UM-PTKIN 2018
Pendaftaran Ulang UM-PTKIN 2018

1. Melakukan Pendaftaran Ulang

Umumnya, pendaftaran ulang UM-PTKIN akan dilaksanakan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang telah menerima kalian. Untuk informasi lebih lengkapnya lagi, kalian bisa akses website resmi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tujuan dan lakukanlah registrasi secara online dengan mengisi biodata diri secara lengkap, menambahkan pas foto, dan ketentuan lainnya yang telah ditetapkan di dalam formulir registrasi online yang ada di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Setelah selesai, selanjutnya cetaklah tanda bukti registrasi ulang tersebut.

2. Membayar Biaya Pendidikan

Sebagai mahasiswa baru yang telah ditetapkan lulus dalam UM-PTKIN, kalian juga tentunya harus melakukan pembayaran biaya pendidikan di Bank yang telah mengadakan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tujuan. Biasanya untuk nominal biaya pendidikan yang harus dibayar akan disesuaikan dengan jurusan yang telah kalian pilih sebelumnya. Untuk informasi lengkapnya, silahkan lihat di laman resmi masing-masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

3. Melakukan Tes Kesehatan

Untuk tahap selanjutnya, kalian juga harus melakukan tes kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui bahwa diri kalian benar-benar dinyatakan sehat oleh dokter. Tes kesehatan biasanya akan dilakukan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang telah menerima kalian. Namun, tidak semua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melakukan tes kesehatan, oleh karena itu kalian pun biasanya akan diminta membuat surat keterangan kesehatan di rumah sakit terdekat sebagai berkas pelengkap yang akan diserahkan pada saat penyerahan berkas pendaftaran ulang.

4. Penyerahan Berkas Pendaftaran Ulang

Penyerahan berkas pendaftaran ulang umumnya dilakukan di BAAK dari masing-masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk diverifikasi. Biasanya berkas-berkas yang harus diserahkan berupa:

• Formulir registrasi ulang yang telah dicetak
• Bukti pembayaran biaya pendidikan
• Membawa ijazah asli dan fotocopy-nya atau surat keterangan tanda lulus dari sekolah
• Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional
• Pas foto ukuran 2 x 3, 3 x 4, dan 4 x 6
• Surat keterangan telah mengikuti tes kesehatan/narkoba atau surat keterangan sehat dari dokter
• Lembar surat pernyataan yang dapat kamu lihat di laman website perguruan tinggi terkait
• Bukti telah membayar biaya pendidikan
• Bukti gaji orang tua atau surat keterangan penghasilan dari pemerintah/kelurahan setempat
• Bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan terakhir
• Kartu Keluarga asli beserta fotocopy
• Rekening pembayaran listrik terakhir
• Untuk lulusan Program Paket C harus melampirkan fotocopy rapor tiga tahun terakhir

Nantinya berkas-berkas yang telah Mamikos sebutkan di atas harus kalian serahkan pada saat melakukan pendaftaran ulang. Namun, tidak semua berkas di atas diminta oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Oleh karena itu kalian pun harus mencari informasi lebih jelasnya lagi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang telah menerima kamu.

Dan apabila masih ada informasi yang belum jelas lagi, sebaiknya kalian bisa langsung menghubungi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui nomor telepon atau melalui email, atau bisa juga dengan langsung mendatangi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terkait. Berikut Mamikos tambahkan informasi terkait daftar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia.
1. UIN Sumatera Utara Medan
2. UIN Sultan Syarif Kasim Riau
3. UIN Ar-Raniry Banda Aceh
4. UIN Imam Bonjol Padang
5. IAIN Malikussaleh Lhokseumawe
6. IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
7. IAIN Padangsidimpuan
8. IAIN Batusangkar
9. IAIN Bukittinggi
10. STAIN Bengkalis
11. UIN Raden Fatah Palembang
12. UIN Raden Intan Bandar Lampung
13. IAIN Curup (STAIN Curup)
14. IAIN Bengkulu
15. IAIN Metro
16. IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
17. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
18. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
19. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
20. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
21. IAIN Pontianak
22. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
23. UIN Walisongo Semarang
24. IAIN Pekalongan
25. IAIN Surakarta
26. IAIN Purwokerto
27. IAIN Salatiga
28. IAIN (STAIN) Kudus
29. UIN Sunan Ampel Surabaya
30. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
31. UIN Antasari Banjarmasin
32. UIN Mataram
33. IAIN Jember
34. IAIN Madura (STAIN Pamekasan)
35. IAIN Tulungagung
36. IAIN Ponorogo
37. IAIN Samarinda
38. UIN Alauddin Makassar
39. IAIN Sultan Amai Gorontalo
40. IAIN Ambon
41. IAIN Manado
42. IAIN Dato Karama Palu
43. IAIN (STAIN) Parepare
44. IAIN Bone (STAIN Watampone)
45. IAIN Palopo
46. IAIN Kendari
47. IAIN Ternate
48. IAIN Fattahul Muluk Papua (STAIN Al-Fatah Jayapura)

Nah, itu tadi informasi yang bisa kalian manfaatkan dalam melakukan pendaftaran ulang UM-PTKIN 2018. Sekali lagi Mamikos ucapkan selamat kepada kalian yang dinyatakan lulus dalam UM-PTKIN 2018. Jangan lupa untuk melakukan pendaftaran ulang ya dan perhatikan pula berkas-berkas serta jadwal pendaftaran ulang di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang telah menerima kalian.

Jika informasi di atas masih kurang begitu lengkap untuk kalian, silahkan kunjungi situs Mamikos. Kamu juga bisa dapatkan informasi lebih banyak lagi seputar UM-PTKIN 2018 dengan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi ya!